BANDA ACEH - Kualifiaksi Piala Dunia 2018 tinggal selangkah lagi bagi Zona Asia atau Asia Football Confederation (AFC). Sebanyak 12 negara kuat di Benua Kuning ini sedang berjibaku berebut empat setengah jatah tiket ke Rusia.

Negara-negara ini adalah Iran, Korea Selatan, Suriah, Uzbekistan, Cina, dan Qatar berada dalam grup A. Lalu, Jepang, Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab, Irak dan Thailand menghuni grup B.

Dari 12 negara tersebut, Iran adalah negara pertama Asia lolos ke Rusia atau negara kedua selain tuan rumah (Rusia) lolos secara otomatis tanpa ikut kualifikasi. Sementara negara pertama lolos adalah Brasil dari zona Conmebol (Amerika Selatan) pada 28 tanggal Maret 2017 setelah menghajar Bolivia 3-0.

Iran sendiri memastikan satu tiket piala dunia usai menekuk Uzbekistan dengan skor 2-0 pada tanggal 12 Juni 2017 di Stadion Azadi, Teheran.

Selanjutnya negara ketiga lolos masih dalam kawasan Asia, yaitu Jepang. Tim Samurai Blue itu mengamankan tiket kedua Asia usai mengalahkan Australia dengan skor 2-0 di Stadion Saitama pada 31 Agutus 2017.

Grup A

Di bawah Iran, ada tiga negera berpeluang lolos, yaitu Korea Selatan, Suriah dan Uzbekistan. Di antara tiga negara ini, Korea Selatan paling berpeluang. Andai saja menang atas Uzbekistan dalam laga tandangnya pada laga terakhir, 5 September 2017 di Taskhent, Son Heung-min cs lolos.

Seandainya Korea Selatan bermain seri, dan Suriah juga bermain seri versus Iran di Teheran, maka Korea tetap lolos. Sebaliknya, jika Korea bermain seri dan Suriah menang, maka Suriah yang lolos.

Lalu seandainya Korea kalah, maka Uzbekistan lolos dengan catatan harus mencetak gol lebih banyak dua gol dari kemenangan Suriah versus Iran. Seandainya Suriah bermain seri, Uzbekistan sudah barang pasti lolos jika menang atas Korea.

Grup B

Beda dengan grup A, kalau grup B hanya dua tim berebut satu tiket tersisa. Negara tersebut adalah Arab Saudi dan Australia. Meskipun Arab Saudi berada di urutan ke dua klasemen karena selisih gol, tapi peluang besar lolos ada di tangan Australia.

Australia pada tanggal 5 September besok akan menjamu Thailand di Staduion AAMI Park, Melbourne. Thailand di babak ketiga kualfikasi AFC ini adalah tim paling lemah. Dari 9 kali bertanding hanya dua kali bermain seri, sisa 7 kali kalah selalu.

Namun jika sama-sama menang, Australia menang atas Thailand dan Arab Saudi menang atas Jepang di Jeddah, baru Australia baru lolos seandainya mampu mencetak tiga gol lebih banyak agregat gol kemenangan Arab Saudi.

Maka hasilnya, selisih gol keduanya sama, maka dilihat dari head to head, Arab Saudi pernah kalah dari Australia di Adelaide. Sementara ketika bermain di Jeddah, skor akhir adalah seri.

Play-off

Selain empat tiket penuh ke piala dunia, Asia diberikan setengah tiket lagi. Setengah tiket ini, pertama diperebutkan oleh tim peringkat ketiga grup A dan grup B. Setelah mendapatkan pemenang keduanya, maka wakil Asia ini menantang peringkat keempat klasemen fase grup kualifikasi zona Concacaf (Amerika Utara, Tengah dan Karibia). Pemenang inilah berhak mendapat satu tiket ke piala dunia.

Concacaf dan UEFA

Sementara dari belahan dunia lain, Meskiko tim keempat lolos ke Piala Dunia 2018 usai menang tipis atas Panama dengan skor 1-0 di Meskiko City pada tanggal 1 September 2017. Meksiko berada di zona Concacaf.

Terakhir sampai hari ini 4 September 2017 atau tim kelima lolos ke Piala Dunia 2018 adalah Belgia. Penguasa puncak grup H Kualifikasi zona UEFA (Eropa) itu memastikan tiket setelah mengalahkan Yunani skor 2-1 pada 4 September 2017 di Stadion Kota Piraeus.

Sementara Piala Dunia 2018 sama seperti sebelumnya, menyediakan tempat untuk 32 negara. Zona Eropa mendapatkan jatah 13 tempat, Afrika (5), Amerika Selatan (4,5), Asia (4,5), Amerika Utara Tengah dan Karibia (3,5), dan Oseania (0,5).