MEDAN - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Abyadi Siregar memimpin doa untuk saudara muslim Rohingya, saat menjadi pembina upacara di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan, Senin (4/9/2017). “Marilah kita memanjatkan doa untuk saudara-saudara kita muslim Rohingya di Myanmar. Karena saat ini sedang terjadi tragedi kemanusiaan di sana,” kata Abyadi.

Abyadi mengungkapkan keprihatinannya dengan aksi kekerasan dan penindasan yang dialalmi etnis Rohingya. Karena itu ia mengajak seluruh siswa, guru dan segenap pengelola sekolah MAN 1 Medan untuk meringankan penderitaan warga Rohingya.

“Ini sebagai bentuk keprihatinan. Menurut saya peristiwa di Myanmar itu perlu mendapat perhatian publik karena kita melihat ada tindakan yang tidak berperikemanusiaan di sana. Lihat saja ada anak-anak dan orangtua menjadi korban. Mereka harus mendapat dukungab dari masyarakat dunia,” ujar Abyadi.

Abyadi berharap dukungan dari elemen masyarakat lain untuk mendoakan etnis Rohingya baik yang sudah meninggal maupun yang masih berjuang untuk hidup sekarang ini.

Abyadi juga berterimakasih kepada pemerintah Indonesia yang dengan tegas mendesak pemerintah Myanmar untuk menghentikan tindakan brutak tersebut.

“Kita berharap Pemerintah Indonesia terus mengawal kasus ini dan kepada Pemerintah Myanmar segera menghentikan ini karena pemerintah seharusnya melindungi rakyatnya,” pungkasnya.