MEDAN-Berbeda dari, di Medan dimana umumnya penjual durian menjual dalam bentuk utuh baru kemudian dibelah dan disajikan ke pembeli seperti di Ucok Durian, di Thailand lebih banyak kita temukan durian dijual sudah dalam kemasan plastik. Jumlahnya bervariasi dan harganya pun berbeda.

Buah durian yang sudah dikemas itu dijual bersama buah-buahan lain, seperti pepaya, mangga, nenas, semangka dan lain-lain. Yang banyak kita temukan di Kota Bangkok adalah di spot spot pusat perbelanjaan dan turis, seperti di Pratunam, Chatuchak dan di Khaosan Road. Penjualnya menggunakan kereta sorong.

Memang ada satu dua penjual buah durian utuh, seperti di floating market atau pasar terapung di Pattaya dan tentu saja di Suphattra Land, Rayong, Thailand – sebuah destinasi perkebunan yang di dalamnya kita bisa puas makan durian sepuasnya.

Buah durian Thailand atau durian Bangkok bukan hanya durian monthong yang popular itu, melainkan juga durian chanee, durian kan yao, dan durian kradum thong. Bentuk dan rasanya pun berbeda-beda.

Durian chanee memiliki ukuran besar. Memiliki rasa manis dan aroma harum. Berisi sekitar 5-12 biji buah. Karakter daging buahnya berlemak dan sangat lembut.

Durian kan yao yang juga beredar di Indonesia walau ukurannya kecil, tapi daging buahnya tebal dan sangat lembut.

Durian kradum thong memiliki bentuk bulat menyerupai telur. Warna daging buahnya kuning yang dibalut kulit buah berwarna hijau. Bobot durian ini kurang dari 3 kg dengan ketebalan daging buah sekitar 1 cm. Durian kradum thong memiliki biji yang berukuran sedang. Durian ini beraroma harum dan rasanya cukup manis.

Terakhir, durian monthong, merupakan jenis durian yang paling diminati masyarakat Indonesia. Warna dagingnya kuning keemasan dan berbiji kecil. Ada yang bentuknya bulat dan persegi. Bobot buahnya bisa mencapai 8 kilogram. Rasanya manis dan legit.

Dalam soal harga, umumnya harga durian di Thailand jauh lebih mahal dibandingkan durian Medan. Sebagai contoh, dua biji buah durian (buah biji bukan buah bulat yang belum dikupas) ukuran sedang di kawasan Pratunam Bangkok, harganya 80 Baht atau sekitar Rp 24.000. Sedangkan satu biji buah durian monthong ukuran besar bisa mencapai 100 Baht atau Rp 40.000. Padahal kalau durian Medan harga segitu sudah satu buah durian utuh, belum dikupas.

Nah, bagaimana soal rasa? Dari pengalaman selama ini, ternyata kelebihan durian Thailand hanya pada dagingnya yang tebal dan lemak, sedangkan soal rasa tetap durian Medan yang lebih enak, selain tentunya jauh lebih murah.