MEDAN - Sejumlah kawasan di Kota Medan dilanda banjir menyusul hujan yang terjadi sejak Jumat (1/9/2017) hingga Sabtu (2/9/2017) pagi. Sejumlah titik masih digenangi air hingga siang hari. Kawasan yang masih digenangi air banjir yaitu pemukiman di kawasan Jalan Dr Mansyur Gang Keluarga juga masih terendam banjir hingga pinggang orang dewasa. Sementara di jalanan, air masih menggenangi sekitar Jalan Dr Mansyur, Jalan Ayahanda, Jalan Bunga Cempaka, Jalan Ngumban Surbakti, dan beberapa lokasi lainnya.

Genangan air yang mencapai 40 cm itu tidak mengganggu masyarakat yang melintas di kawasan itu. "Untung hari ini masih banyak yang libur, sehingga jalanan tak begitu ramai, jadinya nggak macet," kata J Purba, pengendara di Jalan Dr Mansyur.

Manajer Pusdalops BPBD Medan M Yunus menyatakan, genangan air telah mengalami penurunan drastis pada pukul 05.00 WIB. "Menurut pemantauan beberapa titik lokasi rawan banjir data dari personel TRC kita dan informasi dari warga air telah mengalami penurunan dari pukul 05.00 WIB hingga saat ini," kata Yunus.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan ada peluang curah hujan antara 50 mm-150 mm di sebagian wilayah Sumatera Utara, pada 10 hari pertama di September 2017. Namun, dibeberapa wilayah diperkirakan tidak berpeluang hujan seperti di kawasan lereng barat hingga pantai barat Sumatera Utara, yang meliputi Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, dan Kepulauan Nias.