MEDANRasa haru tak dapat ditutupi pasangan Dedi Syahputra (33) dan Devi (31), saat Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si mendatangi kediamannya di Jalan AR Hakim Gang Langgar, Kelurahan Tegal Sari III, Kecamatan Medan Area.

Keharuan terpancar dari wajah kedua orang tua bocah berusia 2,9 tahun bernama Tri Ananda Syahputra, yang selama ini terkulai tidak berdaya karena penyakit mata yang diderita, langsung mendapatkan perawatan di RS Royal Prima Jalan Ayahanda Medan. 

Sejak 6 bulan lalu, retina kanan matanya terkena penyakit. Awalnya, hanya titik bening seperti mata kucing saja, tapi sejak dua bulan belakangan ini tiba-tiba membengkak sehingga biji mata kanannya seperti mau keluar.

Pasangan suami – istri Dedi dan Devi hanya bisa pasrah, karena mereka tidak memiliki biaya untuk membawa buah hati berobat ke rumah sakit. Penghasilan Dedi sebagai kuli bangunan hanya bisa biayai kebutuhan sehari-hari. Alhasil, bocah malang ini hanya diobati seadanya sehingga kondisi penyakit matanya semakin memburuk.

Begitu mendapat informasi ada warganya kesulitan berobat, Walikota Medan Dzulmi Eldin langsung mendatangi rumah kediaman orang tua bocah berusia 2,9 tahun tanpa pemberitahuan, bersama Ketua Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI), drg Anita dan Kabag Humas Setdakaot Medan, Ridho Nasution serta dr Robin dari RS Royal Prima.

Begitu melihat kondisi mata Ananda yang sangat memprihatinkan, Walikota Medan sangat iba dan terenyuh melihat kondisi bocah itu, dan tidak mau berlama-lama lagi, Ananda langsung dibawa ke RS Royal Prima untuk ditangani secara medis. “Kita harus cepat, penyakit matanya harus segera ditangani secepatnya. Mari kita mendoakan agar penyakit matanya dapat disembuhkan,” ucap Dzulmi Eldin.

Mendengar permintaan Walikota Medan, dengan digendong dr Robin, Ananda dibawa ke RS Royal Prima didampingi sang ibu. Bahkan, orang nomor satu di Pemko Medan ini ikut mengantarkannya sampai ke rumah sakit. Kepada pihak rumah sakit, Dzulmi Eldin berpesan agar berusaha untuk menyembuhkan penyakit mata Ananda. “Saya minta pihak RS Royal Prima memberikan pelayanan medis terbaik untuk menyembuhkan penyakit mata anak ini, dengan perawatan intensif dan doa kita semua, Insya Allah penyakit matanya bisa disembuhkan,” ucapnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, dr Robin mengemukakan, Ananda diduga mengindap penyakit retinoblastoma. “Retinoblastoma ini  merupakan penyakit kanker mata yang umumnya dialami anak-anak. Kanker ini menyerang selaput jala mata atau retina yang terletak pada dinding mata sebelah dalam dan umumnya menyerang anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun,” ungkapnya.

Devi, ibunya Ananda mengucapkan terima kasih kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin, yang sudah turun tangan dan membantu untuk penyembuhan mata anaknya. “Saya berharap dengan bantuan Bapak Dzulmi Eldin, penyakit mata anaknya bisa disembuhkan, sehingga Ananda dapat melihat normal kembali,” tuturnya.