TAPANULI SELATAN - Mungkin air terjun ini paling berbeda di Indonesia. Selain memiliki panorama yang indah, air terjun tersebut juga bertingkat. Ya, inilah air terjun Simatutung yang terletak di Kelurahan Rianiate, Danau Siais, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Memiliki keasrian, air yang jernih, ditambah dengan kondisi alam yang bagus, membuat pesona air terjun Simatutung semakin indah. Aliran air yang mengalir tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan harus melewati tangga demi tangga air terjun tersebut. Kondisi tersebut menambah keindahannya, karena di lokasi air terjun juga masih banyak ikan.

Kesejukan langsung terasa di badan ketika masuk ke dalam air. Para pengunjung biasanya sengaja berlama-lama mandi di lokasi air terjun, karena airnya yang masih jernih.

Untuk mencapai lokasi, para pecinta air terjun harus menempuh perjalanan lebih kurang 2 jam dari Kota Padangsidimpuan. Ada dua pilihan jalan menuju tempat itu. Biasanya, masyarakat lebih melintas dari Batang Toru, Kecamatan Batangtoru. Meski terbilang jauh, namun kondisi badan jalan jauh lebih bagus.

Selain itu, para pengunjung juga dapat menempuh perjalanan dari Kecamatan Angkola Selatan. Namun, kondisi infrastruktur masih memprihatinkan, meski status badan jalan milik Provinsi Sumut. Namun, sebelum sampai ke lokasi, para pecinta air terjun terlebih dahulu melintas dari Danau Siais. Konon, danau tersebut terbesar nomor dua di Sumut setelah Danau Toba.

“Saya sengaja datang dari Air Bangis (Sumatera Barat), untuk mengunjungi air terjun ini,” ujar Karim kepada GoSumut.

Menurutnya, air terjun di Tapsel berbeda dengan yang lainnya, karena air terjunnya bertangga-tangga. Menurutnya, ada dua lokasi air terjun yang sudah dikunjunginya di Tapsel yaitu, Simatutung dan Aek Sizorni.

“Kedua air terjun yang saya kunjungi itu memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yaitu mempunyai anak tangga,” tandasnya lagi.

Meski menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, namun rasa lelah itu hilang ketika mandi di lokasi air terjun tersebut. Selain suasana alamnya masih asri, air terjunnya juga jernih.