PADANG LAWAS - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, persediaan hewan kurban di Kabupaten Padang Lawas (Palas) dinyatakan cukup. Selain cukup, kondisi kesehatan hewan kurban juga telah dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Perikanan dan Peterenakan Palas di sejumlah kandang dan tempat penjualan hewan kurban yang tersebar di Kabupaten Palas.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Pemkab Palas, A. Bakari, Rabu (30/8/2017) menjawab Gosumut.

Mengenai harga hewan qurban tahun ini, Bakari menjelaskan sedikit meningkat dibanding tahun lalu berkisar antara Rp12-14 juta per ekor.

“Kebutuhan persedian daging kurban menjelang Idul Adha di daerah ini tergolong cukup. Di sejumlah kandang pedagang musiman yang menyediakan ternak khusus kurban, dalam jumlah mencapai puluhan ekor hingga ratusan ekor," jelas Bakari.

Bakari menambahkan, persediaan hewan qurban juga rutin dikontrol terkait kesehatan hewan dan kualitas daging yang akan dipotong nantinya.

"Tidak jauh beda dengan permintaan masyarakat sebelumnya. Tahun ini terjadi peningkatan permintaan warga untuk memesan sapi dari sejumlah pedagang ternak," sebutnya.

Sebelum disalurkan, sambung Bakari, kriteria hewan qurban harus diteliti kesehatan terlebih dahulu. Bgeitu juga dengan kecacatan dan umur hewan yang cukup.

"Misalnya, untuk ternak sapi dan kambing umurnya lebih dari 2 tahun dan ditandai dengan timbulnya sepasang gigi tetap. Untuk ternak kambing dan domba umurnya lebih dari satu tahun yang juga ditandai dengan timbulnya sepasang gigi tetap. Kriteria lain untuk hewan qurban juga harus hewan yang tidak kurus, juga hewan jantan yang tidak dikebiri, kemudian testis buah zakar masih lengkap dua buah,” terangnya.

Di tempat terpisah, salah seorang pedagang lembu kurban, H. Amir Hasan di Desa Sialambue, Kecamatan Barumun mengakui permintaan hewan kurban tahun ini meningkat.

"Daya beli masyarakat untuk kurban mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Dalam sepekan ini sudah habis terjual sebanyak 27 lembu dengan kisaran harga untuk lembu ukuran besar Rp 14 juta, sedangkan lembu ukuran sedang dan kecil Rp 13-12 juta per ekor," katanya.

Bahkan, sambung dia, menjelang H-3 Idul Adha, permintaan masyarakat untuk mendapatkan hewan kurban terus meningkat. Bahkan dia harus memesan lembu dari Kisaran dan Aliaga untuk menutupi pesanan masyarakat yang telah memberikan uang pesanan ternak mencapai puluhan ekor.