PADANGSIDIMPUAN - Amir Mirza Hutagalung dicokok KPK terkait kasus OTT yang melibatkan Walikota Tegal ternyata pernah mencalon sebagai Walikota di Padangsidimpuan, Sumatera Utara pada 2012 silam. Saat mencalonkan diri, Amir Mirza berpasangan dengan H Nurwin Nasution dengan nomor urut 5. Pengusaha yang berdomisili di Kota Medan ini mendaftar lewat jalur independen dengan pernyataan dukungan dari 15 ribu fotokopi penduduk Kota Padangsidimpuan.

"Iya benar, beliau seingat saya pernah menyalon sebagai Walikota di Padangsidimpuan pada tahun 2012 lalu," ucap warga Kota Padangsidimpuan, Fahmi mengingat sosok Amir Mirza, Rabu (30/8/2017).

Sayangnya, pencalonan Amir Mirza untuk menjadi walikota dikandaskan Pasangan Andar Amin Harahap-Isnandar Nasution yang sampai saat ini menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan.

Sosok Amir Mirza dikenal sebagai seorang wirausahawan yang menurun dari ayahnya yang juga seorang pengusaha dan berdomisili di Kota Medan.

Pada waktu mencalon, Amir Mirza sengaja memilih jalur independen untuk menghindari biaya politik yang besar serta menghindari "Money Politic". Bahkan dalam kampanyenya, Amir Mirza pernah mengatakan, Money Politic berujung kepada pembodohan masyarakat.

"Kita tidak mau membodohi masyarakat dengan politik uang, mari kita jadikan masyarakat cerdas. Sebab pada akhirnya masyarakat yang akan menikmati hasilnya," ujar Amir Mirza saat kampanye waktu itu.

Selain pernah mencalonkan diri, namanya juga tercantum dalam daftar nama-nama orang yang menguasai lahan di areal hutan yang masuk dalam kawasan di wilayah Aek Sabaon, Sibiobio, Kecamatan Marancar, Tapanuli Selatan, yang dikeluarkan Dinas Kehutanan Provinsi Sumut beberapa waktu lalu. Hal itu juga diakui oleh sejumlah masyarakat di Kota Padangsidimpuan.

"Lahannya juga ada di Aek Sabaon, Tapanuli Selatan," tukas warga.

Pria yang menjabat Ketua DPD Partai Nasdem Brebes ini dicokok dengan cara OTT oleh Tim Penyidik KPK karena diduga kuat terlibat suap yang juga menyeret Walikota Tegal Siti Masitha pada Selasa (29/8/2017) malam kemarin.