MEDAN-Jelang Idul Adha 2017 harga daging ayam kembali mengalami kenaikan pada hari ini. Dari yang sebelumnya di harga 24-25 ribu per Kg. Saat ini harga daging ayam 27 hingga 28 ribu per Kg. Kenaikan harga daging ayam ini diakibatkan oleh semakin dekatnya hari raya Idul Adha.
"Sejumlah pemasok ayam mengurangi pasokannya seiring dengan peningkatan persediaan daging kurban di tengah masyarakat," kata Pengamat Ekonomi Sumut, Gumawan Benyamin kepada wartawan.
 
Disisi yang lain, sejumlah pedagang juga berpendapat bahwa kenaikan harga daging ayam ini sudah menjadi rutinitas. Ada kemungkinan dimana peternak dan distributor sengaja mengambil margin yang keuntungan yang besar dikarenakan oleh potensi penjualan yang menurun disaat perayaan idul adha nanti. Sehingga ini menjadi suatu hal yang lumrah.
 
"Sebelumnya para pedagang merasa nyaman dengan harga daging ayam dikisaran 24 ribuan per Kg. Penjualan daging ayam cukup signifikan dengan harga tersebut. Dan cenderung mengalami penurunan penjualan saat harganya naik. Saya memperkirakan harga daging ayam berpeluang turun saat Idul Adha nanti. Meskipun potensi penurunan memakan waktu lebih lama juga sangat memungkinkan," paparnya.
 
Dia menambahkan berdasarkan hasil pengamatan dilapangan. Umumnya pedagang masih merasa nyaman dengan harga daging ayam dikisaran tersebut. Artinya naik diharga saat ini masih bisa ditolerir. Namun pedagang akan mulai mengeluh jika harga daging ayam mendekati atau melewati 30 ribu per Kg. karena omset pedagang daging ayam berpeluang anjlok.
 
Disisi lain, harga daging sapi di pasar tradisional sejauh ini masih stabil dikisaran harga 110 ribu hingga 120 ribu per Kg. Menjelang Idul adha harga daging sapi terpantau belum menunjukan adanya tren kenaikan. "Semuanya masih stabil. Saya menilai lebaran haji tahun ini tidak akan direpotkan dengan masalah harga daging sapi," tambahnya.