MEDAN - Guna menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalulintas di jajarannya, Kodam I/BB bersama Poldasu membekali kepada 500 personel yang terdiri dari prajurit, ASN dan Persit Kodam I/BB yang dibuka Staf Ahli Pangdam I/BB bidang Sosbud Kolonel Kav Halilintar, Selasa (29/8/2017) di Balai Prajurit Kodam I/BB Jln.Gatot Subroto Km 7,5 Medan. Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Pangdam I/BB bidang Sosbud menyampaikan, ada beberapa penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas diantaranya faktor internal yaitu kurangnya pemahaman dan ketidakdisiplinan pengendara dalam berlalu lintas.

"Kemudian, kelengkapan berkendara seperti pemakaian helm standar dan kaca spion serta kondisi kelayakan kendaraan (menjadi penyebab terjadinya kecelakaan). Kondisi pengendara yang tidak stabil (juga) dapat membahayakan dirinya maupun orang lain," ujar Pangdam.

Untuk faktor eksternal, sebutnya, kecelakaan lalu lintas bisa terjadi ketika kondisi jalan yang berlobang, kurangnya rambu-rambu jalan dan kurangnya lampu penerangan jalan pada malam hari.

"Untuk mengantisipasi dan mengeliminir terjadinya kecelakaan lalulintas yang dialami prajurit, ASN Kodam I/BB dan keluarganya, maka pimpinan Kodam I/BB memandang perlu memberikan pembekalan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan serta praktek Safety Riding bekerjasama dengan Poldasu," jelasnya.

Sementara itu, Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Irwasda Poldasu Kombes Pol Wahab Saroni, menyadari bahwa kesadaran masyarakat khususnya wilayah Sumut sangat rendah untuk menaati peraturan lalu lintas. Makanya tidak sedikit terjadi kecelakaan di jalan raya.

"Untuk itu jajaran Poldasu bekerjasama dengan Kodam I/BB menjadi contoh dan pelopor dalam mentaati peraturan lalulintas," ungkapnya.

Pada pembekalan ini, turut dihadiri para Staf Ahli Pangdam I/BB, Staf Khusus Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, Danpomdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, jajaran Ditlantas poldasu dan jajaran Satlantas polrestabes medan.