JAKARTA - Tim bulu tangkis beregu putra Indonesia sukses mempersembahkan medali emas setelah mempecundangi tuan rumah Malaysia, 3-0 pada laga final di Axiata Arena Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (24/8/2017).

Ihsan Maulana Mustofa jadi penentu kemenangan tim Merah Putih setelah menumbangkan wakil Malaysia, Lee Zii Jia pada partai ketiga dengan skor 21-11 dan 21-11.

Ihsan tampil meyakinkan pada laga ini. Atlet didikan PB Djarum tersebut tak perlu berlama-lama untuk memastikan Indonesia meraih emas. Dia hanya butuh waktu 28 menit untuk menyudahi pertandingan, sekaligus membuat ratusan penonton Indonesia di Axiata Arena melakukan euforia.

"Ini sangat berharga bagi saya karena bisa jadi penentu kemenangan Indonesia 3-0. Waktu di SEA Games 2015, saya juga jadi penentu kemenangan dan itu jadi modal menjalani laga sekarang," kata Ihsan usai pengalungan medali.

Atlet kelahiran Tasikmalaya, 18 November 1995 ini mengaku sangat menikmati permainan karena Indonesia sudah unggul 2-0 pada partai pertama dan kedua. Jonatan Christie yang ditunjuk sebagai pemain pertama mampu mengandaskan Zulkarnain Iskandar dua set langsung, 21-18 dan 21-17.

Sedangkan pasangan ganda putra Fajar Alfian Fajar/Muhammad Rian Ardianto mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi lewat rubbet set , 21-12,16-21 dan 21-14.

Dengan posisi yang sudah unggul dua kali, Ihsan bermain cukup rileks. Dia tak perlu menguras tenaga berlebih karena lawan yang dihadapi sering melakukan kesalahan sendiri dan kurang bagus dalam mengembalikan bola.

"Saya tidak tertekan, justru tekanan ada pada dia soalnya kita sudah unggul 2-0. Saya yakin dan memiliki motivasi lebih tinggi untuk menang," tutur dia.

Manajer tim bulu tangkis Indonesia Susy Susanti mengatakan, emas yang diraih Jonatan Christie dan kawan-kawan sudah sesuai target. Dia juga mengapresiasi kerja keras para pemain yang tak terpengaruh dengan sorakan ribuan suporter tuan rumah.

"Para atlet tampil luar biasa dan keberanian. Mereka juga tidak terpengaruh apapun karena sejak awal sudah saya katakan fokus saja. Mudah-mudahan raihan emas ini jadi motivasi para atlet yang belum tanding untuk meraih emas lagi," ujar Susy Susanti.

Tim Indonesia masih berpeluang menambah medali lewat nomor perorangan. Ada lima nomor yang diperebutkan mulai hari ini. Adapun emas beregu putri disabet Thailand usai menaklukan Malaysia di partai final. ***