PADANG LAWAS - Plh Bupati Palas, H. Ahmad Zarnawi Pasaribu meneteskan vitamin A kepada bayi secara simbolis di kegiatan Pencanangan Bulan Vitamin A yang digelar  Dinas Kesehatan di Desa Sayur Mahincat, Kecamatan Barumun Selatan, Kamis (24/8/2017). Kehadiran Plh. Bupati di lokasi disambut antusias kaum ibu-ibu yang memiliki balita. Pasalnya Ahmad Zarnawi juga memberikan bantuan makanan tambahan kepada balita serta penyerahan kelambu dan pakaian kepada kader posyandu di tiap desa.

Pemberian ini juga dihadiri Plh Kadis Kesehatan Palas dr. Ummy Sahara Matondang, Camat Barumun Selatan A. Rivai Pane. Kaban PPKAD Palas Harjusli Fahri Siregar dan Kadis Infokom Marza Jennopa dan Kepala Desa Sayur Mahincat Alfi Kamil Lubis.

Plh Kadis Kesehatan Palas dr. Ummy Sahara Matondang mengatakan, kegiatan pencanangan bulan vitamin A bertujuan untuk mencegah kekurangan vitamin A pada bayi atau balita. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian karena kekurangan vitamin A serta membantu kesehatan mata dan membantu proses pertumbuhan anak bayi dan balita.

"Sasaran kegiatan ini yakni balita dan ibu hamil yang berada di wilayah Desa Gunung Barani, Desa Panarian dan Sayur Mahincat," kata dr Ummy sembari menyebutkan pencapaian pemberian vitamin A pada bayi dan balita tahun 2016 sebesar 95 persen.

Plh Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu agar membawa bayi dan balita di posyandu terdekat pada bulan Ferbuari dan Agustus yang merupakan bulan vitamin A yang diperuntukan kepada bayi dan balita.
Melalui kegiatan ini, H. Ahmad Zarnawi berharap dapat memberikan kecerdasan bagi masyarakat dalam menjaga kesehata balita yang masih sangat rentan terhadap berbagai serangan penyakit khususnya kekurangan vitamin A yang dapat menjadi ancaman keselamatan jiwa balita.

"Karena ini dapat mengakibatkan kebutaan serta penurunan kejadian kesakitan dan kematian pada balita," jelasnya.

Menurut dia, balita sangat membutuhkan vitamin A karena merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia. Zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh dan harus dipenuhi dari luar makanan sumber vitamin A sebahagian besar dari produk hewani, nabati terutama sayur sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, semangka melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong.

"Perlu diketahui bersama, segala program pemerintah yang menyentuh kepada kepentingan masyarakat, dapat tercapai dengan baik atas partisipasi masyarakat itu sendiri untuk ikut serta menciptakan masyarakat sehat jasmani dan rohani," ujar Plh Bupati.