ASAHAN-Dharma Wanita di Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan berupaya menyulap dan mengelola daun pandan menjadi ketrampilan atau kerajinan tangan yang asyik serta memiliki nilai komersil.

Mungkin selama ini daun pandan dianggap sebagai pelengkap masakan. Namun ini tidak bagi Dharma Wanita Kominfo Asahan. Para ibu-ibu ini terlihat cekatan mengkreasikan dan menyimpulkan helai-demi helai daun pandan ditangan mereka untuk di sulap dan di olah menjadi kerajinan tangan berupa tas dan dompet yang terlihat menarik dan memiliki nilai jual.

Dibawah naungan Ketua Dharma Wanita Kominfo Asahan Ny Nurasyah Rahmad Hidayat Siregar mampu mengajak dan membina para anggota Dharma Wanita di Kominfo untuk berkreasi melalui berbagai kerajinan tangan.

Pada pertemuan rutin Dharma Wanita bertempat di Kantor Dinas Kominfo Asahan para ibu-ibu Dharma Wanita ini terlihat sedang merajut daun pandan menjadi tas dan dompet. Berbagai karya berupa tas yang cantik mampu dihasilkan hanya dengan modal anyaman dari daun pandan, kertas, tisu dan lem.

“Kita senang bisa meningkatkan sumber daya manusia para ibu-ibu Dharma Wanita dengan keahlian dan ketrampilan pengetahuan yang mereka miliki saat ini. Coba lihat, sekarang ini tangan mereka terlihat cekatan merajut daun pandan menjadi olahan berupa tas dan dompet yang unik, cantik dan menarik," terang Ny Nurasyah Rahmad Hidayat Siregar.

Lebih lanjut Nur menjelaskan tetap akan melestarikan warisan budaya dan seni anyaman yang telah menjadi kearifan lokal di Kabupaten Asahan ini. "Kita akan terus lestarikan kepada para generasi jangan sampai hilang karena perkembangan kemajuan tekhnologi sekarang in,"jelasnya.

Sementara di tempat yang sama Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar S.sos M.si mengatakan mendukung penuh berbagai kegiatan kerajinan tangan yang di lakukan oleh para ibu-ibu Dharma Wanita Kominfo tersebut.

“Sepenuhnya kita mendukung berbagai kegiatan ketrampilan atau kerajinan tangan yang dilakukan para ibu-ibu Dharma Wanita,seperti saat ini mereka terlihat asyik merajut helai demi helai daun pandan menjadi bentuk tas dan dompet yang unik, cantik dan menarik," ucap Dayat.