KUALA LUMPUR - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto mengaku lega karena target 3 medali emas yang telah ditetapkan Satlak Prima kepada cabang olahraga bela diri wushu pada SEA Games XXIX/2017 telah terpenuhi.

"Alhamdulillah sudah tercapai target tiga emas," ujarnya seusai menyaksikan pengalungan medali cabang wushu di KLCC Kuala Lumpur, Selasa (22/8/2017). Airlangga mengaku optimistis para atlet binaannya akan mampu menambah pundi medali bagi Indonesia. "Setelah ini masih ada pertandingan lagi dan Insya Allah bisa mendapatkan medali lagi," katanya penuh semangat.

Menurut Ketua Umum PB WI yang juga Menteri Perindustrian ini, penampilan atlet cabang wushu Indonesia sangat bagus.

"Saya rasa atlet-atlet kita luar biasa, pemain muda sudah bisa mendapat medali emas seperti Felda. Kalau Lindswell, Alhamdulillah bisa dapat emas meski kondisi fisik dia lagi sedang tidak maksimal," ungkapnya.

Secara total, tim wushu Indonesia sementara menyumbang 3 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Tiga emas Indonesia yang dipersembahkan oleh atlet wushu Indonesia, yaitu Felda Elvira Santoso di nomor Daoshu, Lindswell Kwok (Taijijian) dan Juwita Niza Sasni (Nandao dan Nangun all round).

Hasil SEA Games 2017, kata Airlangga, akan menjadi tolak ukur prestasi pada ajang Asian Games 2018 di Indonesia.

Dia juga kembali menyebutkan janjinya yang akan memberikan bonus pada atlet peraih medali di Kuala Lumpur. "Kami sudah rapat, mereka yang dapat medali emas akan dibantu bonus prestasi sebesar Rp100 juta, sedangkan yang meraih perak Rp50 juta, dan perunggu Rp25 juta," ujarnya. ***