LABUHANBATU - Dinas Pendidikan Labuhanbatu menutup SD Negeri 117499 di Lingkungan 7, Desa Suka Maju, Kelurahan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, dikarenakan ketiadaan peserta didik. Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu, Sarimpunan Ritonga, kepada GoSumut, Senin (21/8/2017) mengakui dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, SD tersebut kurang diminati warga setempat.

Menurut Sarimpunan, hanya 1 dan 2 orang siswa saja yang mendaftar sehingga terkendala dengan proses belajar dan mengajar.

"Ya tutup karena tidak ada siswanya," katanya ketika dihubungi via seluler.

Penutupan sekolah ini, jelasnya, akan segera dilaporkan kepada Bupati Labuhanbatu H.Pangonal Harahap.

"Masih kita pelajari (perencanaan apa yang akan diteruskan untuk bangunan itu). Tapi yang jelas, itu masih aset dinas pendidikan," ungkapnya.

Secara terpisah, Kepala unit pelayanan terpadu (UPT) Dinas Pendidikan Labuhanbatu, Kecamatan Panai Hilir, Jumirin mengatakan, sekolah yang sudah berdiri sejak 1982 hingga 1990-an masih melakukan aktifitas belajar mengajar.

Pihaknya sudah melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas dan mutu pelajaran seperti pembatasan rayon penerimaan siswa di wilayah itu. Namun, usaha itu tidak berjalan efektif.

"Lalu, tahun ajaran baru 2017/2018 tidak ada satupun siswa yang mendaftar," bebernya.

Terakhir melakukan proses belajar mengajar, kata dia, tahun 2017 ini dengan komposisi satu kepala sekolah dan seorang guru honorer serta meluluskan enam siswa.

Dia pun mengakui bahwa warga setempat yang pencariannya dari hasil perkebunan itu lebih memilih sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk anaknya daripada sekolah SD negeri.

"Sekolah swasta berbasis agama itu lebih diminati warga," katanya.