KUALA LUMPUR - Ketua Unum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir mengapresiasi perjuangan Diananda Choirunisa yang meraih medali emas dari nomor Recurve perorangan putri di SEA Games XXIX/2017.

Apalagi, emas ketiga panahan itu diraihnya dalam perjuangan keras dengan menundukkan pemanah Filipina, Nicole Marie dengan skor 6-4 di lapangan panahan Majelis Sukan Negara Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017).

"Tahap pertama, Diananda yang sukses meraih emas di SEA Games XXIX/2017 bisa diproyeksikan ke Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Kemudian, dia bisa juga dibina untuk diterjunkan pada Olimpiade Tokyo 2020," kata Erick Thohir yang menyaksikan pertandingan bersama Menteri PMK Puan Maharani, Ketua Umum PP Perpani, Titiek Prabowo, Ketua Satlak Prima Ahmad Soetjipto, plt Sekjen KOI, Hellen Sarita de Lima dan Harry Warganegara, Komite Eksekutif KOI bidang Sports Development.

Dengan hasil tersebut, tim panahan Indonesia sudah berhasil mengoleksi tiga medali emas dan satu keping perunggu selama bertanding di SEA Games. "Saya bangga dengan penampilan para pepanah nasional di SEA Games yang sudah menyumbang 3 emas dan 1 perunggu bagi Kontingen Indonesia," katanya kepada GoNews.co.

Nomor recurve memang jadi andalan Indonesia di cabang panahan. Masih ada 3 medali emas yang diperebutkan lagi yakni nomor beregu putra dan putri dan mix.

"Saya berharap ada tambahan medali lagi. Sukses ini menunjukkan tak salah jika cabang panahan jadi cabang unggulan Indonesia di setiap multi event, termasuk saat Asian Games tahun depan, meskipun Korsel akan jadi pesaing terberat," kata Erick yang juga Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC). ***