MEDAN - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI ) Medan, Prof HM Hatta menegaskan wawasan kebangsaan dan nasionalisme memang harus dapat ditanamkan sejak dini pada generasi muda bangsa khususnya pada pelajar. Apalagi, kata dia, generasi muda adalah target dari bangsa ini untuk meneruskan perkembangan pada negara kita. Maka sejak dini generasi muda khususnya pelajar harus ditanamkan wawasan tentang kebangsaan dan nasionalisme.

"Sekarang pemuda bangsa ini khususnya pemuda Islam sudah jauh sekali dari harapan dikarenakan pemuda Islam saat ini sudah banyak mengalami kurangnya aqidah, kurang pemahaman tentang ibadah, kurangnya moral, kurangnya pemahaman terhadap Alquran dan kurangnya rasa persatuan antar sesama muslim. Sehingga keimanan dalam diri menjadi terkikis dan membuat rasa Kebangsaan dan Nasionalisme ikut menurun," ujar Prof HM Hatta ketika memberikan Penyuluhan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme bagi Pelajar Islam Kota Medan yang diselenggarakan Komisi Ukhuwah dan Kerukunan Umat Beragama MUI Kota Medan, Sabtu (13/8/2017) di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan.

Maka dari itu, generasi muda khususnya pemuda Islam yang ada di MAN 3 Medan dapat lebih fokus, berfikir positif, lebih meningkatkan keterampilan dan menjadi yang terbaik bagi nusa, bangsa, dan tanah air.

"Semoga penyuluhan ini dapat meningkat rasa cinta pemuda terhadap agama dan bangsa Indonesia," jelasnya.

Kepala Sekolah MAN 3 Medan yang diwakili Kepala Tata Usaha Parmohonan Batu Bara menyampaikan sangat senang atas kedatangan Muhammad Hatta selaku ketua MUI kota Medan dalam acara Penyuluhan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme bagi Pelajar Islam Kota Medan.

"Semoga ini dapat menjadi pelajaran dan sekaligus ilmu kepada siswa MAN 3 Medan tentang cara meningkatakan rasa Kebangsaan dan Nasionalisme terhadap negara yang kita cinta ini," ungkapnya.