MEDAN –Ade Sandrawati Purba, SH, MH mendaftar ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat Sumatera Utara (Nasdem Sumut). Langkah politik diambil ini ibarat menyerang langsung ke “dapur” petahana, Tengku Erry Nuradi yang juga Ketua DPW Partai Nasdem Sumut.

“Kita apresiasi pendaftaran kandidat calon Gubernur wanita,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW Partai Nasdem Sumut, Salman Ginting di Kantor DPW Partai Nasdem, Jalan Walter Monginsidi Medan.

Didampingi fungsionaris Partai Nasdem Gito Hutapea dan Kepala Sekretariatan Nur Salam, disebutkan Salman Ginting, sosok Ade Sandra adalah bakal calon yang mengembalikan formulir pendaftaran ke partai yang didirikan oleh Surya Paloh.

“Ada beberapa bakal calon yang sebelumnya mengambil formulir pendaftaran, tapi hanya Ade Sandra yang mengembalikan. Ada beberapa nama mengambil. Tapi baru Ibu Ade Sandra yang mengembalikan,” ungkapnya.

Namun, diantara nama-nama bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran hanya nama Tengku Erry Nuradi yang tidak mengambil formulir. “Pak Tengku Erry saja belum (mendaftar),” ungkap Salman Ginting.

Kondisi ini mengejutkan, namun Salman Ginting tidak melanjutkan keterangannya. Salman langsung menimpali bahwa partainya sangat mendukung pencalonan wanita dalam rangka mewujudkan komitmen partai yang konsern juga terhadap politik wanita. Selain politik tanpa mahar untuk mencegah korupsi, Partai Nasdem juga mendukung wanita terjun ke dunia politik,” pungkasnya.

Menanggapi komitmen Partai Nasdem tersebut, Ade Sandra panggilan akrab Ade Sandrawati Purba menuturkan, bahwa sebenarnya politik Nasdem dan visi politik dirinya punya kemiripan. Untuk memperbaiki sistem pemerintahan yang bersih, memang harus dimulai dari penjaringan bakal calon. “Banyak kesamaan Ade dan Partai Nasdem. Politik tanpa mahar itu adalah salah satu cara menciptakan pemerintahan yang bersih, dan itu memang tujuannya membawa perubahan di Sumatera Utara ini,” tuturnya.

Disisi lain, Ade Sandra menyebutkan, langkah Nasdem harus diikuti partai politik lainnya untuk mengembangkan Nawacita yang diusung Pemerintahan Jokowi-JK. “Saya berharap dukungan dan doa Partai Nasdem untuk membawa perbaikan di Sumatera Utara,” ucapnya.