LABUHANBATU - Melestarikan budaya daerah, penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar generasi ke depan dapat mengetahui identitas dan budaya masing-masing etnis yang ada di seluruh tanah air ini. Demikian dikatakan Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang saat silaturahmi dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Ketua Etnis/Suku di Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (8/8/2017).

"Ini mesti kita lestarikan, agar kita semua tahu apa ciri khas daerah kita, terutama para generasi muda kita di daerah ini untuk ikut terus melestarikan budaya daerahnya," ungkap Kapolres.

Rencana kegiatan ini, sambung Frido, dilakukan dalam rangkaian HUT Pemkab Labuhanbatu mendatang, dengan mengajak seluruh ketua-ketua etnis yang nantinya akan diperlombakan.

Di sisi lain, Kapolres berharap, dengan persatuan dan kesatuan seluruh etnis, nantinya dapat berpengaruh kepada ruang gerak dan mempersempit peredaran gelap narkoba.

Disamping itu, Kasat Binmas Polres Labuhanbatu AKP M.Shahril turut mengimbau agar FKDM dapat bersinergi dengan kepolisian dalam menciptakan dan menjaga Kamtibmas di Labuhanbatu Raya khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

"Saya imbau, agar pos kamling dapat diaktifkan (kembali), peran serta dukungan kita semua sangat dibutuhkan untuk menciptakan kondusifitas. (Makanya di sini saya ingin menyampaikan) jadilah pelopor terciptanya Kamtibmas," kata Shahril.

Tak hanya itu, FKDM juga diharapkan dapat menjadi mitra kepolisian dalam memberangus peredaran gelap Narkoba.

"Peran serta FKDM juga dibutuhkan untuk masalah yang satu ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKDM, Bisman Siregar mengapresiasi Kapolres Labuhanbatu dalam konteks menyatukan seluruh etnis menjadi satu forum sebagai masyarakat yang turut menjaga Kamtibmas.

Selain itu, FKDM juga memberikan acungan jempol terhadap Polres Labuhanbatu bersama jajarannya yang terus melakukan sosialisasi bahaya narkoba di sekolah-sekolah.