SERDANG BEDAGAI - Puluhan wisatawan di Pulau Berhala dihebohkan dengan munculnya fenomena alam angin tornado yang berputar kencang di tengah laut, Minggu (6/8/2017) sekira pukul 08.00. Awalnya pagi itu para wisatawan terlihat asyik menyaksikan deburan ombak di Pulau Berhala dengan air hijau dan batu karang terlihat. Namun di tengah laut terlihat air menyembur ke langit membentuk pusaran air.

Pusaran air kian membesar dan bergulung-gulung ke langit membawa air laut berputar-putar mengelilingi bibir pantai di Pulau Berhala. Bukan hanya satu, angin ternado susulan juga terlihat. Bukan hanya satu, tapi tiga angin tornado terlihat jelas dari bibir pantai.

Kondisi ini hampir saja menghancurkan dua kapal nelayan yang saat itu berada di laut. Beruntung angin ternado tidak menyapu kedua kapal tersebut sehingga para nelayan aman.

Bukan hanya wisatawan heboh, Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya yang kebetulan mengunjungi Pulau Berhala terpukau melihat keganasan angin ternado membawa air laut ke langit.

“Ini fenomena alam sulit ditemukan,” ujar Hj Raosmaida istri Wabup Sergai yang juga ikut ke Pulau Berhala.

Fenomena angin tornado ini, kata Raosmaida, baru pertama kali dilihatnya di laut, sehingga dirinya terkagum bercampur takut melihat putaran angin tornado membawa air laut ke langit.

“Kalau kita naik sampan kena putarannya pasti ikut naik ke langit,” ujar ibu 3 anak itu.

Sementara itu, Wabup Darma Wijaya mengatakan, para wisatawan yang mengunjungi Pulau Berhala, selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga melihat keberadaan penyu di pulau tersebut sembari menyaksikan fenomena alam angin tornado.

“Kita akan terus kembangkan wisata Pulau Berhala, karena banyak dapat dilihat wisatawan, selain pantainya indah dan penyu, juga bisa melihat angin tornado,” paparnya.