BLANGKEJEREN – Untuk terus memperkenalkan seni yang ada di Kabupaten Gayo Lues (Galus), Provinsi Aceh, panitia pagelaran tari Saman massal 10001 penari ini, akan mengikutsertakan tari Bines dalam pertunjukkan pada 13 Agustus 2017. 

“Untuk terus memperkenalkan seni yang ada di kabupaten julukan Negeri Seribu Bukit ini, tari Bines yang dilakoni oleh penari wanita ini juga akan ditampilkan," ungkap Ketua panitia tari Saman massal 10001 penari, Thalib kepada GoAceh, saat meninjau latihan kolaborasi tari Saman dan Bines, di bale pendopo bupati, Selasa (1/8/2017).

Bahkan sedikitnya 500 penari yang berasal dari PNS dan tenaga kontrak setiap instansi yang ada di Gayo Lues ini, akan ikut ambil bagian dalam penampilan yang dikolaborasikan dengan tari Saman massal 10001 penari ini.

Di hari pagelaran Saman massal ini, Gayo Lues nantinya tentu menjadi perhatian masyarakat nasional maupun internasional, sehingga penampilan tari Bines juga dirasa perlu untuk ditampilkan bersamaan dengan tari Saman yang sudah diakui oleh Unesco, sebagai warisan budaya dunia tak benda.

“Momen penting dan bersejarah ini, harus mampu kita manfaatkan untuk memperkenalkan tari bines dan memperkenalkan potensi wisata Gayo Lues serta potensi lainnya,” sampai Thalib yang juga Sekretaris Daerah Gayo Lues ini.

Dia juga berharap, mudah-mudahan, pagelaran saman massal 10001 penari nantinya, bisa berjalan dengan baik dan sukses.