MEDAN - Setelah Kabupaten Aceh Jaya, gempa bumi kembali melanda Kota Padang Sidimpuan, Provinsi Sumut dengan kekuatan 3,3 SR, Selasa (1/8/2017) sekira pukul 11:39:57 WIB. Kepala BMKG Wilayah I, Edison Kurniawan menjelaskan, gempabumi berkekuatan 3.3 SR dengan posisi episenter pada koordinat 1,40 LU dan 99,46 BT, terjadi di darat pada jarak 21 km arah timur laut dari Padang Sidempuan, Sumatera Utara, pada kedalaman 23 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Padang Sidempuan dan Aekgodang dengan intensitas gempa bumi I SIG-BMKG (II MMI).

"Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I, gempa bumi ini berada pada zona sesar Sumatera pada Segmen Angkola, karakteristik sinyal gempabumi ini menunjukkan gempa bumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi," ujarnya

Kepada masyarakat disekitar wilayah Kota Padang Sidempuan dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG.

"Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," tutur Edison mengakhiri.