PADANG LAWAS - Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap memberangkatkan sebanyak 388 jemaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Padang Lawas, Minggu (30/7/2017). Prosesi pemberangkatan dipusatkan di lapangan merdeka Sibuhuan. Jemaah calhaj Palas yang diberangkatkan itu tergabung dalam kloter lima. Perinciannya terdiri dari jemaah calhaj asal Kecamatan HutarajaTinggi 130 orang, Barumun 128 orang, Huristak 28 orang, Barumun Tengah 55 orang, Lubuk Barumun 22 orang, Sosopan 14 orang, dan kecamatan Batang Lubu Sutam 7 orang, serta ditambah Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Palas sebanyak 3 orang.

Kloter 5 yang diberangkatkan dari Sibuhuan menuju Medan menggunakan bus PT Barumun, masuk asrama pada tanggal 31 Juli pukul 08.00 Wib, berangkat pada 1 Agustus pukul 07.40 Wib dan tiba di Madinah tanggal 1 Agustus pukul 11.30. Untuk kloter 16 sebanyak 123 orang.

Bupati Palas H Ali Sutan harahap dalam sambutannya mengu8capkan selamat jalan kepada seluruh jemaah Calhaj Palas didalam menunaikan ibadah haji. Mudah-mudahan perjlaanannya dapat berjalan lancar tanpa ada rintangan yang berarti, serta dapat selamat sampai ketujuan.

Dijelaskan, keberangkatan merupakan awal dari rangkaian perjlanan ibadah haji dengan niat mengharap rido allah Swt, yang tentunya harus siap dari segi ekonomi dan kesehatan baik fisik maupun mental.

"Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya dengan memperbanyak membaca talbiyah, takbir dan amalan-amalan sunnah serta memperbanyak berdoa, khususnya ditempat-tempat mustajab baik dimakkah mnaupun dimadina,"ungkap Bupati yang akrab disapa TSO itu.

TSo juga berpesan kepada seluruh jemaah Calhaj Palas supaya mendoakan keberadaan Kabupaten Palas sehingga urusan pemerintahan berjalan lancar, masyarakatnya kondusif dan sejahtera serta selalu dalam lindungan Allah Swt.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Komisi IX DPR-RI Isqan Qolba Lubis, Ketua DPRD Palas H Syahwil Nst, Sekda Palas Arpan Nst, Ketua MUI Palas H Sehat Muda, seluruh pimpinan SKPD Palas, dan ribuan masyarakat Palas yang turut serta memberangkatkan jemaah Calhaj Palas itu.