LABUHANBATU - Berbagai cara dan strategi dilakukan untuk meningkatkan minat baca khususnya pada anak-anak, baik itu tentang ilmu umum maupun agama. Begitu halnya yang dilakukan sejumlah pegiat literasi. Agus Marwan, misalnya, selaku inisiator Pustaka & Ngaji Kampung 9 serta seorang penggagas berdirinya pustaka yang diresmikan kemarin di Dusun 6 Desa Sidorukun, Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu.

Niat itu semua, katanya, Selasa (25/7/2017), bertujuan agar anak-anak memiliki keinginan yang kuat dan mendasar untuk terus giat membaca buku khususnya sebelum mengikuti pengajian.

“Ya, awalnya bekal kita merujuk pengalaman mempromosikan program literasi bersama USAID PRIORITAS. Berangkat dari sana, kita beserta lainnya termasuk pak H Hasban Ritonga, berniat ingin membangun budaya membaca di kampung halaman,” ujarnya.

Untuk memudahkan program tersebut berjalan sesuai rencana, seperti halnya di Dusun 6 Desa Sidorukun pasca peluncuran Pustaka & Ngaji Kampung, mereka akan bekerjasama dengan guru-guru mengaji yang ada di desa-desa sekitarnya.

Sehingga sambung Agus Marwan, anak-anak akan terbiasa membaca buku sekaligus mendapatkan pendidikan agama yang baik.

Untuk memperlancar gerakan itu, selain perpustakaan, Pustaka & Ngaji Kampung 9 juga menyediakan vespa dan sepeda motor yang dilengkapi dengan buku-buku bacaan dan nantinya akan berkeliling ke desa-desa di Labuhanabatu.