ASAHAN - Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan secara resmi dibuka Gubernur Sumatera Utara (Sumut), H Tengku Erry Nuriadi, Senin (24/7/2017), bertempat di Lapangan Sidodadi, Jalan Pondok Indah Kisaran. BACA :

Wow.... Di Asahan Gambar Erry Ditulis Gubernur Asahan 

Dalam arahannya, Gubsu sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemkab Asahan karena akan dapat mempererat kesatuan dan persatuan bagi etnis yang berdiam di wilayah Asahan.

“Acara ini bentuk perhatian Pemkab Asahan terhadap etnis yang ada, sehingga seni budaya setiap etnis dapat ditampilkan. Budaya setiap etnis ada perbedaan, tapi perbedaan justru memunculkan keindahan dan mempererat jalinan silaturahmi," ujarnya.

Kepada setiap etnis yang ada agar saling menghargai budaya masing-masing. Apalagi dalam acara ini nantinya setiap etnis akan menampilkan kesenian masing-masing. Sesuatu yang indah karena seni adalah keindahan, tapi seni bukan hanya untuk seni tapi seni untuk masyarakat.

“Berbahagialah masyarakat Asahan yang diberi kesempatan untuk menampilkan seni budayanya pada acara PSBD ini,” tandasnya.

Bupati Asahan Drs Taufan Gama Simatupang MAP berharap kegiatan yang digelar memiliki arti bagi setiap etnis. Setidaknya acara ini dapat mengikat persatuan dan kesatuan bagi masyarakat, meski seni dan budaya daerah masing-masing ada perbedaan.

"Dengan semboyan bangsa, Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu harus dijunjung tinggi," jelasnya.

14 etnis yang memeriahkan kegiatan PSBD diantaranya Minang, Tapsel, Batak Toba, Nias, Sunda, Karo, india serumpun, Aceh, Tionghoa, Banjar, Jawa, Melayu, Pakpak, dan Simalunggun.