WAKIL Rektor I Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Dr. Hizir, melepas delegasi Unsyiah yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) Tingkat Nasional ke-15 yang akan berlangsung di Kota Malang, Jawa Timur, pada 28 Juli-4 Agustus nanti. Pelepasan ini berlangsung di Gedung Rektorat Unsyiah, Senin (24/7/2017). Pada MTQM tahun ini, Unsyiah mengirim 37 kafilah yang terdiri dari 24 mahasiswa, 5 pelatih utama, dan 8 pendamping kafilah. Mereka nantinya akan mengikuti 11 bidang musabaqah dari 13 bidang yang diperlombakan. Adapun 11 bidang tersebut adalah Tilawatil Quran, Tartilil Quran, Qiraat Sabah, Hifzhil Quran 5 juz, Hifzhil Quran 10 juz, Hifzhil Quran 20 juz, Khaththil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Debat Ilmiah Kandungan Alquran Bahasa Arab, Debat Ilmiah Kandungan Alquran Bahasa Inggris. Sementara dua bidang lainnya yakni Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran dan Desain Aplikasi Komputer Alquran, Unsyiah telah gugur saat seleksi proposal awal.

Dalam sambutannya, Hizir berharap kafilah Unsyiah dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga dapat memberikan hasil maksimal. Terlebih Unsyiah dalam dua MTQ terakhir beberapa tahun lalu, berhasil meningkatkan prestasinya dari juara III menjadi juara II. Hizir juga menambahkan, untuk tahun ini Unsyiah menargetkan menjadi juara umum. Untuk itu, ia berharap agar para kafilah dapat berkonsentrasi selama lomba, menjaga kondisi tubuh, sekaligus percaya diri agar dapat meraih hasil maksimal.

“Semoga delegasi Unsyiah dapat mempersiapkan diri dengan baik. Jangan takut, tetap percaya diri sehingga dapat memberikan hasil maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Mahasiswa dan Alumni Unsyiah, Drs. M. Nasir Ibrahim menambahkan jika delegasi Unsyiah telah mempersiapkan diri menghadapi MTQM selama setahun. Ini dibuktikan dengan pelatihan rutin, karantina selama sebulan, dan try out akhir yang dilaksanakan pada Sabtu (22/7/2017) malam lalu di Masjid Jamik Darussalam.

Dijadwalkan delegasi Unsyiah akan berangkat ke Kota Malang pada tanggal 26 Juli 2017 dan kembali pada tanggal 4 Agustus 2017.