MEDAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut memberikan pembekalan praktik langsung selama tiga hari untuk para jurnalis di Medan.

"Pembekalan yang dilakukan di Objek Wisata Pondok Permai, Serdang Bedagai tersebut, dimaksudkan untuk dapat membantu wartawan dalam reportase berita bencana," ujar Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita pada Acara Forum Komunikasi Wartawan siap Liput Bencana.

Kegiatan yang berlangsung mulai Selasa (18/7/2017) hingga Kamis (20/7/2017) kemarin, terlihat antusias dari seluruh wartawan baik dari media cetak, televisi maupun media online, untuk menyimak paparan dari berbagai nara sumber. Apalagi, narasumber memberikan pengetahuan dan pengalaman penanggulangan bencana.

"Kami juga berharap, dari forum tersebut dapat membangun media relations, antara BNPB dengan wartawan," ungkapnya.

Rita menyebutkan, keterampilan dasar dalam penanggulangan bencana itu, dipaparkan pula soal penggunaan GPS, pertolongan pertama, dan menguraikan soal dapur umum yang layak untuk para korban bencana.