PADANG LAWAS-Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap yang akrab disapa TSO menepung tawari sebanyak 511 orang calon Jemaah Calon Haji (Calhaj) dirumah dinasnya Jalan KH Dewantara Sibuhuan usai acara manasik akbar.

Dalam bimbingannya TSO mengatakan, tepung tawar untuk para Calhaj merupakan pertanda kegiatan manasik haji terpadu di kabupaten Palas telah selesai. Dijelaskannya, dalam pelaksanaan haji, bekal pengetahuan harus dimiliki seluruh Calhaj, sehingga ketika berada di tanah suci mampu menjadi Dhuyufurahman yang khusuk beribadah menunaikan ibadah suci haji.

"Atas nama kepala daerah, sudah menjadi kewajiban untuk memberikan fasilitas terbaik kepada Calhaj asal Palas, diantaranya adalah fasilitas pengetahuan dan fasilitas transportasi agar kelancaran keberangkatan para Dhuyufurahman asal Palas berjalan efektif," terangnya.

TSO berharap, kegiatan ini akan bermanfaat bagi seluruh Calhaj, baik dari segi wawasan maupun kebersamaan di tanah suci nanti. "Doakan Palas selalu dalam perlindungan Allah SWT," pesan TSO.

Sebelumnya, Kasi Haji Kemenag Palas Drs Iskannur melalui Stafnya Herman Hsb mengatakan Calhaj asal Palas ditetapkan berangkat pada kolter 5 dan kloter 16. Kloter 5 merupakan kloter penuh untuk calhaj Kabupaten Palas dengan jumlah 388 orang.

“Kloter 5 masuk asrama pada tanggal 31 Juli pukul 08.00 Wib, berangkat pada 1 Agustus pukul 07.40 Wib dan tiba di Madinah tanggal 1 Agustus pukul 11.30. Untuk kloter 16 sebanyak 123 orang,” terangnya.

Dijelaskan, untuk kloter 16 merupakan gabungan dari calhaj asal Kabupaten Palas, calhaj dari Kabupaten Tapsel sebanyak 168 orang, dan Calhaj dari Kota Medan sebanyak 95 orang.

Dijadwalkan kloter 16 akan masuk asrama pada tanggal 12 Agustus 2017 pukul 17.00 Wib, berangkat dari Medan tanggal 13 Agustus pukul 17.05 Wib dan tiba di Jeddah tanggal 13 Agustus pukul 21.00.