MEDAN - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka rekrutmen bagi putra-putra terbaik di Indonesia untuk tingkat SMA-Sederajat. Hal ini disampaikan Manager Humas PT. KAI Divre I Sumut, M. Ilud Siregar, Kamis (20/7/2017). Dijelaskan, ada sembilan formasi yang dibutuhkan dalam rekrutmen, antara lain Calon Masinis, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA), Pengawas Peron (PAP), Petugas Rumah Sinyal (PRS), Petugas Wesel (PJW), Petugas Langsir (PLR), Petugas Pemeliharaan Sintelis dan LAA, Petugas Pemeliharaan Sarana, serta Petugas Pemeliharaan Rel dan Jembatan.

Sejumlah persyaratan mengikuti rekrutmen yakni jenis kelamin pria, memiliki ijazah setingkat SLTA, NEM/UAN rata-rata serendah-rendahnya 6,0. Kemudian usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun per 1 Agustus 2017, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT KAI.

"Bagi yang berminat, persyaratan dan prosedur lamaran selengkapnya dapat dilihat di website PT. KAI, dan registrasi pendaftaran sudah dibuka pada hari ini," kata Ilud.

Lebih lanjut Ilud mengingatkan, rekrutmen akan diumumkan melalui website resmi PT KAI, tidak melayani surat menyurat, dan tidak dipungut biaya apa pun.

"Di mohon mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrutmen, tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi rekrutmen," ucapnya.

Ilud menegaskan, pihaknya tidak bertanggung jawab atas setiap bentuk kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan mengatasnamakan PT KAI.

Dalam rekrutmen kali ini, para peserta harus mengikuti beberapa tahapan seleksi agar dapat lolos, antara lain seleksi administrasi, seleksi kesehatan awal, seleksi psikologi, seleksi wawancara, dan seleksi kesehatan akhir.

Para calon pelamar sudah bisa melakukan registrasi dan upload berkas dari persyaratan umum lamaran dengan mengakses website resmi KAI. Pengajuan lamaran dibuka pada 24-30 Juli 2017.

"Peserta yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan melalui website KAI pada 18 Agustus mendatang," terangnya.