ASAHAN - Pemerintah Kabupaten Asahan melalui TP. PKK mengikuti lomba kanker serviks melalui IVA test (Inspeksi Visual dengan Asam asetat) tingkat nasional yang dipusatkan di Puskesmas Gambir Baru, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Rabu (19/7/2017. Ketua TP. PKK Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang menyampaikan,TP. PKK Kab. Asahan telah melaksanakan kegiatan IVA test secara berjenjang dan berkesinambungan. Berbagai kegiatan sosialisasi pentingnya IVA test dan inovasi pelaksanaannya telah dilaksanakan TP. PKK Kab. Asahan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan sampai Tingkat Kab. Asahan.

"Melalui kegiatan IVA test ini dapat mencegah kaum wanita di Kabupaten Asahan menderita kanker seviks," jelasnya.

Ketua TP. PKK Propinsi Sumatera Utara, Evi Diana Erry Nuradi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan test IVA di Kabupaten Asahan ini.

"Dengan kegiatan ini semoga Kab. Asahan dapat menjuarai lomba IVA test di tingkat Nasional tahun ini," terangnya.

Sementara itu, Ibu Lasmi Widiyastuti selaku tim penilai IVA test dari pusat menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan secara terbuka dan berjenjang. Dan diharapkan kegiatan dapat memberikan motivasi dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan berkesinambungan sehingga masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA test sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks," jelasnya.