SERDANG BEDAGAI - Walaupun Provsu merupakan salah satu provinsi menghasil lumbung padi, namun masih ada warganya terpaksa makan ubi. Hal itu dilakukan puluhan warga penderita penyakit kusta terletak di Dusun 6, Desa Simpang Empat, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, Selasa (18/7/2017). Warga binaan Dinas Sosial (Dinsos) Provsu ini terpaksa makan ubi diambil dari tanaman warga akibat terlambatnya bantuan dari Dinsos Provsu. Selain itu mereka kecewa akibat bantuan mereka terima dipotong.

Pantauan koran ini, puluhan penderita penyakit kusta berdiam dikomplek rumah sakit Kusta dan disekitarnya perpaksa meminta bantuan kepada pengendara melintas disekitar kediaman mereka.

Sebagian mereka membakar ubi diambil dari tanaman disekitar rumah sakit untuk dimakan. Hal itu akibat tidak adanya uang untuk membeli beras dan tidak adanya bantuan dari Dinas Sosial Provsu mereka terima.

Beberapa warga mengatakan, mereka terpaksa melakukan pengutipan uang dijalan-jalan untuk beli beras dan lauk akibat bantuan Dinsos Provsu mereka terima belum juga datang.

“Bantuan belum juga datang, bahkan akan dipotong sehingga kami terpaksa makan ubi,” ujar beberapa warga.

Bahkan puluhan penderita penyakit kusta akan mengancam melakukan pengutipan uang dijalinsum Rampah sebelum bantuan dari Dinsos datang.

“Kami akan terus mengutip dijalan, bahkan dijalinsum sampai bantuan kami datang dan tidak dipotong,” ancam mereka.

Sementara itu, Haparuddin selaku Camat Sei Rampah turun ke lokasi langsung membawa beberapa kotak air meneral dan membelikan puluhan nasih bungkus untuk warga penderita penyakit kusta sempat makan ubi.

“Mereka dapat bantuan dari Dinsos Provsu, namun kabarnya terlambat,” bilang Haparuddin.