MEDAN - Hari ini, Senin (17/7/2017) merupakan hari terakhir pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online tahap II untuk SMA Negeri (SMAN) dan SMK Negeri (SMKN). PPDB tahap II ini digelar lantaran masih banyaknya kuota siswa baru yang belum terpenuhi oleh SMAN dan SMKN yang di Sumut. Dalam PPDB online tahap II ini, khusus di Kota Medan dari 14 SMKN yang ada hanya diikuti oleh 10 sekolah. Sedangkan SMAN tidak ikut serta lantaran kuota sudah terpenuhi, baik jalur akademik maupun non akademik.

Kepala SMKN 1 Medan Asli Sembiring mengatakan, untuk tahap kedua ini hanya satu jurusan yang dibuka yaitu Usaha Perjalanan Wisata. Sebab, hanya jurusan itu kuotanya yang belum terpenuhi.

"Kuota siswa baru yang kita sediakan pada jurusan ini 7 orang. Mudah-mudahan dengan dibukanya PPDB tahap II ini kuota dapat terpenuhi," ujar Asli Sembiring saat dihubungi wartawan.

Diutarakannya mulai Senin, siswa baru yang lolos seleksi pada tahap I mengikuti masa orientasi siswa (MOS) selama beberapa hari. Sedangkan, bagi siswa yang lolos tahap II masih menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan Sumut. Untuk daftar ulangnya pada Rabu (19/7/2017) nanti.