PADANG LAWAS - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Ery Nuradi menyatakan Kabupaten Padang Lawas (Palas) merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumut. Kontribusi produksi ini diharapkannya meningkat menjadi sebesar 2,5 persen. Demikian sambutan Gubsu H Tengku ery Nuradi ketika menjadi inspektur upacara pada peringatan hari jadi Kabupaten Palas ke X di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Senin (17/7/2017).

Dikatakannya, realisasi produksi padi sampai maret 2017 di Kabupaten Palas telah mencapai 121 persen. Atas capaian tersebut, Gubsu mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemkab Palas, TNI, Polri, masyarakat petani dan penyuluh atas kerjasama dalam memberhasilkan capaian luas tambah tanam padi, jagung dan kedelai di Kabupaten Palas.

“Ke depan, periode tanam April sampai Desember 2017 untuk Kabupaten Palas diharapkan bisa direalisasikan mencapai target yang telah ditetapkan yaitu luas tanam lebih 9 ribu Hektar,” ucapnya.

Gubsu juga berharap, Pemkab Palas dapat meningkatkan produksi tanaman pangan dan holtikultura dengan menjaga harmonisasi perecepartan tanam yang selama ini berjalan dengan baik. Mengoptimalkan alat dan mesin pertanian, memaksimalkan pemanfaatan lahan kosong atau tidur.

“Melaksanakan tanam tumpang sari padi atau jagung di lahan perekebunan, menerapkan tekhnologi tepat guna dalam rangka peningkatan produktifitas mutu dan nilai tambah, serta menerapkan Perda Propsu Nomor 3 tahun 2015 tentang perlindungan lahan pertanian,” terangnya.

Untuk itu kata Gubsu, pada APBD Propinsi Sumatera Utara Tahun 2017 telah menganggarkan 169 M untuk peningkatan produksi tanaman pangan dan Holtikultura, dan Kabupaten Palas mendapat 6 M lebih, termasuk penyerahan bantuan benih padi, jadung, kedelai, bibit holtikultura, serta alsintan.

Di hari jadi Kabupaten Palas ke X, Gubsu mengimbau supaya meningkatkan persatuan dan kesatuan serta rasa kebersamaan dalam membangun daerah Kabupaten Palas yang Bercahaya. Memantapkan stabilitas keamanan sebagai salah satu faktor penting bagi kesuksesan dan kelancaran roda pembangunan di Kabupaten Palas.

“Jaga persatuan dan kesatuan kita, dengan bersatulah Kabupaten Palas akan maju jangan sampai terjadi perpecahan yang akan merugikan kita semua selaku masyarakat Kabupaten Palas,” jelas Gubsu yang telah diberikan gelar Patuan Humala Hasibuan itu.