MEDAN - Direktur Politeknik Mandiri Bina Prestasi (MBP) Medan, Afridayanti Surbakti menegaskan selain mendidik mahasiswanya agar mampu mengoperasikan hotel, mahasiswa Prodi Perhotelan MBP juga akan dilatih untuk wirausaha (entrepreneurship). Caranya, mahasiswa diberi kesempatan mengelola restoran di kampus secara mandiri mulai dari pembelian bahan baku makanan, mengolah dan menjual kepada umum. “Semua proses pengolahan makanan, penataan meja restoran dan penyajian makanan dan minuman ke meja tamu dilakukan sesuai standar pelayanan hotel, karena diharapkan setelah tamat nantinya mereka dapat membuka usaha seperti restoran,” kata Afridayanti ketika ditanya wartawan, Kamis (13/7/2017).

Dalam pelayanan restoran, mahasiswa juga menawarkan kepada umum paket Table Manner yaitu etika jamuan makan formal di restoran kepada guru-guru, pegawai kantor, dharma wanita dan lain-lain.

Sementara itu, Kepala Prodi Pariwisata dan Perhotelan Politeknik MBP Clara Puspita mengatakan, untuk memperbanyak pengalaman, wawasan dan kepercayaan diri, setiap mahasiswa Diploma 3 Perhotelan diwajibkan dua kali mengikuti Praktik Kerja Nyata (PKN) atau On The Job Training di hotel dengan masa PKN enam bulan per periode yaitu periode pertama enam bulan di hotel dalam negeri dan periode kedua enam bulan di hotel luar negeri.

“Saat ini Politek MBP menjalin kerja sama dengan 16 hotel luar negeri dan 4 hotel dalam negeri,” tuturnya.