PADANGSIDIMPUAN - Pasca terjadinya gempa bumi yang melanda kawasan Tabagsel umumnya dan Kota Padangsidimpuan khususnya, pada Jumat (14/7/2017) sekira pukul 08.25 dengan kekuatan 5,5 SR, Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari langsung memerintahkan anggotanya untuk turun ke lokasi-lokasi pemukiman warga. "Gempa yang melanda Tabagsel pagi ini sangat mengejutkan kita sebagai warga. Walaupun hanya sebentar, tapi getarannya cukup terasa. Untuk itu, kita sebagai pengayom masyarakat berkewajiban memantau situasi dan membantu masyrakat yang membutuhkan," ujar Dandim.

Tim dari Kodim 0212/TS ini melakukan pengecekan pemukiman warga diantaranya, wilayah Kota Padangsidimpuan tepatnya di Kecamatan Angkola Julu, Desa Poken Jior, Desa Mompang, Desa Simatohir. Kecamatan Hutaimbaru, Desa Palopat Maria. Untuk di wilayah Tapanuli Selatan (Tapsel), personel TNI AD juga turut mengecek perumahan warga di Desa Angkola Barat, Desa Sitaratoit, Desa Lobulayan Sigordang.

Di beberapa lokasi tersebut tim dari Kodim 0212/TS melakukan monitoring, pendataan, serta membantu masyarakat membersihkan puing-puing rumah warga yang rusak akibat gempa.

Dandim pun langsung menunjuk beberapa koordinator lapangan seperti Danramil 02/PSP Kapt Inf Suyanto, yang bertugas untuk di wilayah Padangsidimpuan dan Danramil 19/Siais Kapt Inf David Sidabutar, korlap untuk wilayah Tapsel.

"(Dengan adanya peristiwa ini), kiranya masyarakat tetap waspada dan selalu mengikuti perkembangan informasi situasi di wilayahnya," pungkas Dandim.

Sementara itu, warga di Desa Poken Jior berterima kasih dengan personel TNI AD yang telah membantu mereka pasca gempa bumi yang melanda Padangsidimpuan.

"Kami merasa sikap dan tindakan TNI dari Kodim 0212/TS ini sangat membantu, karna selain meringankan beban kami saat membersihkan puing puing bangunan rumah yang rusak akibat gempa, kami juga merasa aman dari hal hal yang tidak dinginkan apabila mereka mendampingi kami di saat seperti ini," ujar warga.