MEDAN - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) membuka program studi (prodi) baru yakni Program Studi Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada tahun ajaran 2017/2018. Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Jumat(14/7/2017) mengatakan dibukanya Prodi PGSD menyusul diterbitkannya SK Prodi tersebut dari Kementeristekdikti. SK itu telah diserahkan melalui Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto.

"Kami bersyukur karena pada tahun ini UMSU telah dipercaya untuk menyelenggarakan pendidikan jenjang sarjana Prodi PGSD. Dibukanya Prodi tersebut menyusul tiga prodi magister sebelumnya, yang telah memperoleh tiga izin penyelenggaraan yaitu Pendidikan Matematika, Manajemen Pendidikan, dan Teknik Elektro," ungkap rektor.

Diutarakannya, keluarnya izin penyelenggaraan pendidikan prodi PGSD merupakan bentuk kepercayaan kepada UMSU untuk bisa lebih berperan dalam mencerdaskan masyarakat. Oleh karenanya, kepercayaan yang diberikan kepada UMSU ini menjadi tantangan tersendiri untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kehadiran Prodi PGSD diharapkan menjadi solusi akan kebutuhan tenaga pendidik profesional di tingkat sekolah dasar. Dengan keluarnya izin Prodi PGSD ini juga, maka UMSU telah memiliki 27 prodi jenjang sarjana dan 8 prodi magister," tutur Agussani.

Lebih lanjut dia mengatakan, UMSU terus berupaya untuk mengembangkan program pendidikan jenjang sarjana berdasarkan arahan Kopertis Wilayah I. Dimana, dalam arahan itu diimbau agar perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut termasuk UMSU, membuka program studi yang menampung tenaga pengajar yang belum meraih gelar sarjana. Hal ini dilakukan guna menciptakan sumber daya manusia di bidang tenaga kependidikan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara.