PADANG LAWAS-Satu ekor harimau jantan, yang diperkirakan berusia 3 Tahun dan berhasil ditangkap dan dievakuasi dari pemukiman warga di Desa Sihaporas, Sosopan, Palas kemarin, akhirnya tak terselamatkan dan mati.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kotapinang BBKSDA Sumut, Darmawan Shut Msc memaparkan, pihaknya membenarkan adanya penemuan satu ekor harimau jantan sumatera dari pemukiman warga di Desa Sihaporas, Sosopan, Kabupaten Palas.

"Bersama TNI, warga dan pihak BKSDA anak harimau berhasil kami evakuasi dan dibawa ke Taman Suaka Margasatwa Barumun," ujarnya.

Namun sayangnya, kata Darmawan, anak harimau berkelamin jantan dan masih berusia sekitar 3 tahun itu akhirnya mati.

"Setelah kita bawa ke Barumun dan ditangani dokter hewan, harimau akhirnya mati. Karena kondisinya sudah sangat lemah dan kritis," tukasnya dan membawa sampel organ tubuh harimau untuk dicek ke lab guna mengetahui penyakitnya.

Dia mengaku, saat dilakukan pemeriksaan tidak ada ditemukan luka luar. Jadi, hanya karena sakit. "Sudah dilakukan necropsi dan beberapa sampel organ sudah dibawa untuk dicek," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada warga untuk tetap waspada dan berhati-hati, karena diyakini masih ada harimau lainnya yang sebelumnya bersama dengan harimau yang ditemukan tersebut.

"Jangan keluar malam, petugas kita masih terus memantau dan siap menerima informasi dari warga dan petugas lainnya," pungkasnya.