MEDAN-Warga Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, mengumpulkan dan menyerahkan uang koin bernilai Rp725.600 ke DPRD Sumatera Utara (Sumut).

Koin ini merupakan sumbangan yang dikumpulkan dari masyarakat sebagai bukti keprihatinan dan keinginan adanya perbaikan jalan di sekitar pemukiman mereka yang selama 10 tahun terakhir mengalami kerusakan parah dan hingga kini belum mendapat perbaikan.

Perwakilan Masyarakat Medan Utara di dalam aksi itu, Saharuddin, mengatakan koin ini menjadi harapan terakhir bagi mereka untuk menggugah hati nurani pemerintah agar memperbaiki jalan mereka.

"Sumbangan ini jadi bentuk ketulusan warga untuk membantu dana pemerintah untuk memperbaiki jalan," katanya di DPRD Sumut.

Saharuddin menjelaskan, koin senilai Rp 725.600 tersebut mereka kumpulkan dalam 3 hari terakhir. Lewat penyerahan koin ini, mereka juga berharap DPRD Sumut dapat menfasilitasi mereka bertemu dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang berhubungan langsung dengan perbaikan jalan tersebut.

"Mungkin dengan difasilitasi anggota DPRD Sumut, maka jati pemerintah akan lebih tergerak. Karena kami sudah bingung harus aksi seperti apa lagi agar jalan kami di sana bisa diperbaiki," kata dia.

Pihaknya mendapatkan informasi kalau di APBD Sumut tahun anggaran 2016 lalu ada anggaran sebesar Rp 14 miliar untuk perbaikan jalan tersebut. Namun pihaknya tidak tahu mengapa proyek itu tidak dilaksanakan.

Koin yang dikumpulkan tersebut dibungkus di dalam sejumlah plastik bening dan diberikan langsung ke anggota DPRD Sumut dari dari dapil Sumut 1 seperti Yulizar Parlagutan Lubis (PPP), Nezar Djoeli (NasDem), Darwin Lubis (Hanura) dan Brilian Moktar (PDI Perjuangan) dan berharap kemudian disampaikan ke Pemko Medan.

Perwakilan Masyarakat Medan Utara yang ikut dalam penyerahan itu, Saharuddin, mengatakan, koin ini merupakan sumbangan dari masyarakat yang menginginkan adanya perbaikan jalan di sekitar permukiman mereka.

Jalan tersebut rusak parah dan belum mendapat perbaikan hingga saat ini.