PADANGSIDIMPUAN - Walikota Padangsidimpuan (Psp) Andar Amin Harahap meminta agar kegiatan pemeliharaan Kamtibmas Polri selalu mengedepankan upaya pencegahan, penangkalan, pemetaan dan deteksi potensi kerawanan. "Lakukan penanganan yang tepat agar tidak menjadi gangguan Kamtibmas yang meresahkan. Untuk kegiatan penegakan hukum, laksanakan pemberantasan kejahatan dan kriminalitas secara tegas, profesional dan legitimate tidak diskriminatif. Wujudkan kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat. berantas mafia hukum, pungli dan markus di tubuh Polri," ujar Walikota pada peringatan HUT ke-71 Bhayangkara di Stadion HM Nurdin Kota Padangsidimpuan Senin (10/7/2017).

Saat membacakan amanat Presiden RI Ir Joko Widodo, Andar mengatakan, dalam kurun waktu 71 tahun ini Polri telah memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam pemeliharaan Kamtibmas, penegakan hukum serta perlindungan pengayoman dan pelayanan.

"Rangkaian prestasi telah diukir dalam pengungkapan kasus terorisme, pemberantasan penyalahgunaan narkoba, kasus yang menyedot perhatian publik serta pengamanan agenda nasional dan internasional. Perayaan kali ini harus menjadi ajang untuk refleksi diri, mengevaluasi baik keberhasilan maupun kekurangan. Kekurangan ini harus diatasi dengan reformasi internal," pintanya.

Tak hanya itu, Andar juga menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab yang melekat pada setiap insan Bhayangkara tidak ringan dan tidak mudah. Namun Presiden Republik Indonesia yakin bahwa setiap anggota Polri mampu menjalankan amanah ini.

Pada kegiatan itu, Kapolres Padangsidimpuan turut memberikan penghargaan kepada personel yang berprestasi, yakni Mardan Ali Rasyid Pangkat/NRP AKP /60100837, Syarifuddin Dalimunthe Pangkat/NRP Aiptu /65050463 Brigadir Bhabinkamtibmas di Kelurahan Batunadua Julu dan Batunadua Jae Kecamatan Padangsidumpuan Batu Nadua.

Selanjutnya Makobul Pasaribu Pangkat/NRP Aiptu /62070807 Brigadir Bhabinkamtibmas di Kelurahan Hutaimbaru, Desa Tinjoman dan Desa Sabungan Kec.Psp Hutaimbaru dan Agus Sallim Pane Pangkat/NRP Aiptu /72080400 Brigadir Bhabinkamtibnas Kelurahan VI, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Hadir pada acara tersebut Walikota, Ketua DPRD, Kajari, Kapolres, Dandim 0212/TS, Danyon, Kaden C Sat Brimob Poldasu, SKPD, Ketua Mui, OKP, Parpol dan undangan lainnya.