JAKARTA - Tren bus tingkat sebagai pilihan transportasi antar kota antar pProvinsi (AKAP) di Pulau Jawa baru saja dimulai. Namun sebenarnya, bus tingkat sebagai transportasi AKAP pertama kali dimulai dari Sumatera oleh Perusahaan Otobus (PO) Sempati Star.

"Tahun 2015, Adi Putro (produsen karoseri) meluncurkan bus tingkatuntuk AKAP di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Bus tersebut dibeli oleh PO Sempati Star dari Medan," kata pemerhati transportasi bus AM Fikri saat dihubungi KompasTravel, Minggu (9/7/2017).

Rute bus tingkat Sempati Star atau di Medan akrab disebut double decker melayani penumpang dari Medan ke Banda Aceh dengan layanan eksekutif. Misalnya kursi super empuk, ranjang tempat tidur, bantal, selimut, AC, WiFi, kulkas, dapur, bar, toilet, video audio on demand, makanan, dan camilan.

Apalagi sasis bus yang digunakan adalah merek luar negeri ternama seperti Mercedez Benz dan Scania yang menambah mulus perjalanan.

Bus ini bagaikan oasis bagi para penumpang rute Medan-Banda Aceh yang menempuh jarak panjang, sekitar 12 jam perjalanan. Tak heran pada awal diluncurkan, bus ini sempat menyedot perhatian masyarakat. 

Bus tingkat Sempati Star juga memiliki kelas berbeda antara lantai atas dan lantai bawah. Umumnya lantai bawah dihargai lebih mahal karena fasilitas yang diberikan lebih unggul dari pada lantai atas.

Tarif perjalanan untuk menumpang bus Sempati Star dengan rute Medan-Banda Aceh ini dihargai Rp 430.000 untuk kursi bagian bawah dan Rp 250.000 untuk kursi bagian atas.

Baru-baru ini, Rabu (5/7/2017), Sempati Star bersama empat PO lain mendapatkan izin bus tingkat AKAP oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.