MEDAN-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri pisah sambut Kapolda Sumut dari Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada Irjen Pol Paulus Waterpauw di Ballroom Grand Aston Medan.

Pada malam pisah sambut tersebut, suasana berbeda sangat dirasakan. Selain penuh keakraban dan kekeluargaan, busana yang dikenakan tidak seperti biasanya. Tengku Erry, Rycko dan Paulus masing-masing didampingi istri kompak mengenakan busana khas Melayu yakni setelah songket, pakaian teluk belanga dan tengkuluk. Suasana Melayu mewarnai malam pisah sambut tersebut.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry menyebutkan

meski selama lebih kurang 10 bulan bertugas sebagai Kapoldasu , Irjen Pol H Rycko Amelza Dahniel telah berperan menciptakan kondisi yang kondusif di Sumatera Utara. Oleh karenanya atas nama masyarakat Sumut Gubsu menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Poldasu jajarannya.

Meski begitu, Gubsu tetap mengingatkan untuk tidak lengah dan berpuas diri sebab tantangan kedepan dinilai semakin berat. "Untuk itu kepada Bapak Irjen Pol Paulus Waterpauw diharapkan dapat lebih mampu mewujudkan harapan masyarakat untuk menjadikan Polri sebagai sahabat dan pelindung masyarakat dengan lebih serius,"harap Gubsu.

Lebih lanjut dikatakan Erry, proses pergantian pejabat pada dasarnya merupakan hal yang wajar dalam setiap sistem organisasi sebagai upaya penyegaran penyelenggaraan tugas dan jenjang karir.  "Kita harapkan agar Kepolisian di daerah ini untuk tetap melindungi daerah ini dalam keadaan aman dan kondusif dalam upaya untuk tetap kokohnya harmonisasi dan kerukunan antar etnis dan agama,"ujarnya.

Selama menjabat Kapoldasu, Irjen Pol Rycko Amelza Daniel telah banyak melakukan perubahan di bidang keamanan di wilayah Provinsi Sumut dengan berbagai upaya tanpa pamrih, disertai niat yang tulus dan ikhlas untuk melaksanakan tugas-tugas pembangunan Kamtibmas di daerah ini.

"Saya ucapkan selamat bertugas ditempat yang baru sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri. Kepada Kapolda yang baru, mari kita bergandengan tangan, bersama-sama membangun Sumut untuk mewujudkan Provinsi yang berdaya saing menuju Sumut yang sejahtera dalam suasan aman, damai, adil dan harmonis,"pungkasnya.

Sementara itu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang selama ini terjalin dengan Gubsu dan juga unsur Forkopimda Provsu lainnya. Rycko juga menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang baik diberikan masyarakat Sumut kepada ia dan kekuarganya selama bertugas di Sumut.

Sedangkan Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw mengharapkan arahan dan bimbingan serta kerjasama Gubernur Sumut Erry Nuradi beserta Forkopimda lainnya untuk sama-sama membangun Sumut.