MEDAN-Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, SP salah seorang tersangka penyerangan Mapolda Sumut pernah pergi ke Suriah pada 2013.

"Ya, salah satu tersangka yang masih hidup (SP) pernah ke Suriah. Jadi pernah ke Suriah enam bulan di sana, lalu kembali ke Indonesia," kata Rina, saat dihubungi dari Jakarta.

Rina mengatakan, polisi masih mendalami kegiatan yang dilakukan SP selama berada di Suriah.

Sementara itu, di kediaman SP polisi menemukan dokumen soal dugaan SP bergabung dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang disebut berafiliasi dengan ISIS.

"Dari dokumen yang ditemukan di kediamannya diduga dia tergabung dalam JAD yang afiliasinya ke ISIS," ujar Rina.

Sebelumnya, polisi menyita bendera kelompok ISIS dalam penggeledahan yang dilakukan di rumah terduga teroris penyerang mapolda Sumut.

Bendera ISIS itu didapat di rumah terduga teroris berinisial SP, di Jalan Pelajar Ujung, Gang Kecil, Medan, Sumatera Utara.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, selain bendera ISIS, polisi menyita foto pimpinan ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi di rumah tersangka.

Selain itu, masih dari rumah SP, polisi menyita buku tulis tentang ISIS, VCD bertuliskan "Rasullullah Bersabda", laptop, komputer, dan parang.

SP sendiri saat ini dalam kondisi kritis setelah ditembak anggota Brimob saat menyerang Mapolda Sumut bersama AR pada Minggu (25/6/2017) dini hari.

Seorang penyerang, AR, tewas ditembak pasukan Brimob dan seornag polisi Aiptu Martua Sigalingging gugur dalam insiden tersebut.