SABANG - Kapal motor penyeberangan (KMP) Tanjung Burang hari ini kembali tidak bisa berlayar akibat terjadi kerusakan pada mesin, Kamis (22/6/2017). Imbasnya, puncak mudik lebaran dan penyaluran bahan pokok dari Banda Aceh ke Sabang terhenti.

Pihak Syahbandar Aceh, Ahmad F kepada GoAceh mengatakan, hari ini kapal tidak bisa berlayar akibat ada kerusakan pada mesin. Bahkan dia tidak bisa memastikan sampai kapan mesin tersebut siap diperbaiki oleh pihak kapal itu sendiri.

Namun sebelumnya, Anggota DPD RI asal Aceh, Sudirman akrab disapa Haji Uma di hadapan Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu bersama Ketua DPRK Banda Aceh dan Ketua DPRK Sabang, melaporkan KMP Tanjung Burang sudah tidak layak berlayar lagi karena faktor usia mencapai 25 tahun. Dan, mereka meminta segera dicari penggantinya.

Baca: KMP Tanjung Burang dari Sabang Sempat Berputar-putar di Tengah Laut

Sementara KMP BRR sampai saat ini belum juga tiba. Hal itu sebagaimana pernah disampaikan Ahmad F beberapa hari lalu, bahwa pada hari ini (Kamis), KMP BRR tiba di Aceh dan langsung beroperasi.

Ketika dikonfirmasi GoAceh kepada Kapten KMP BRR, M Nur melalui telepon seluler, dia menyebutkan posisi kapal sekarang masih di Belawan Sumatera Utara dan belum bisa menuju Aceh.

“KMP BRR masih uji coba dan ada beberapa hal lagi yang belum selesai. Mudah-mudahan kalau cepat selesai semua persyaratannya malam ini akan menuju Aceh dan akan menempuh tujuh jam perjalanan dari Belawan ke Banda Aceh. Yang pastinya lagi kita tunggu bergerak kapalnya aja dulu baru bisa kita laporkan ke publik supaya tidak terjadi diskomunikasi dari pihak terkait,” tutup M Nur.