ASAHAN - Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) triwulan II kepada 177 Desa sebesar Rp 23 milliar telah disalurkan Pemkab Asahan. Pemkab Asahan juga menyalurkan Dana Bantuan Keuangan untuk 27 Kelurahan di Kabupaten Asahan, Selasa (20/6/2017). Adapun dana yang akan disalurkan untuk triwulan II, untuk ADD sebesar Rp 23 milliar lebih dan Dana Desa baru tersalurkan sebesar 17,6 milliar dari Rp 83 milliar. Sedangkan bantuan keuangan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk 27 Keluruhan sebesar Rp1,1 milliar.

Bupati Asahan, H Taufan Gama Simatupang MAP melalui Plt Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar menjelaskan, Pemkab Asahan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa telah merealisasikan ADD untuk desa dan bantuan keuangan untuk 27 kelurahan.

Bupati juga berharap agar dana tersebut dimanfaatkan dengan baik terutama untuk pembayaran honor dan tunjangan Kepala Desa beserta perangkatnya, tunjangan BPD, honor bilal mayit, guru mengaji, penggali kubur, kader posyandu dan pengurus LPM.

Sedangkan untuk bantuan keuangan kepada Kelurahan digunakan untuk pembayaran honor kepala lingkungan, bilal mayit, guru mengaji, pengurus LPM, kader posyandu dan petugas pemungut sampah.

”Artinya anggaran sepenuhnya diserahkan kewenangannya kepada Desa dan Kelurahan. Dan diperuntukkan sesuai kebutuhannya,” kata Hidayat.