ASAHAN - Dua pekerja di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Sintong Abadi Dusun I, Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu terpaksa dilarikan ke rumah sakit usai tersiram air rebusan TBS yang meledak. Keduanya yakni Sabdam Syahputra (26) warga Dusun IV, Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu dan Wagimin (25) warga Bukit Rejo, Desa Hessa Parlompongan, Kecamatan Air Batu,

Sabdam yang mengalami kulit melepuh cukup parah di sekujur tubuhnya dilarikan ke rumah sakit Medan. Sementara, Wagimin hanya melepuh ringan pada tubuhnya.

Informasi yang dihimpun, sebelum peristiwa nahas yang terjadi pada Jumat (16/6/2017) kemarin sekira pukul 14.30 di pabrik tersebut, Sabdam dan Wagimin merebus TBS. Kemudian, Sabdam saat itu melakukan penguncian pintu tong rebusan TBS di No.4. Namun entah apa yang terjadi tiba-tiba uap steam dari tong rebusan TBS No.5 menguap dan menyembur keluar sehingga mengenai tubuh kedua orang korban.

Mendengar ada suara seperti ledakkan tersebut, rekan korban lainnya melakukan pertolongan dan melaporkannya kepada pihak perusahaan. Kemudian oleh perusahaan kedua korban tersebut dibawa ke RSU Setio Husodo, Kisaran untuk mendapatkan perawatan medis.

Dari keterangan medis RSU Setio Husodo Kisaran ternyata korban Sabdam mengalami luka bakar atau melepuh disekujur tubuhnya sekitar 70% sehingga disarankan untuk dirujuk ke RSU Grand Medistra Lubuk Pakam. Sedangkan korban Wagimin hanya mengalami luka bakar atau melepuh di sekujur tubuhnya sekitar 10% dan diizinkan pulang (berobat jalan).

Kapolsek Airbatu AKP Martoni saat dikonfirmasi melalui selularnya membenarkan adanya kejadian kecelakaan kerja yang disebabkan pecahnya rebusan TBS.

"Tidak ada korban meninggal dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, ada 2 orang korban tersiram air panas rebusan sawit. Satu orang mengalami luka melepuh cukup serius dan sudah dibawa ke rumah sakit di Medan. Sementara satu orang lagi sudah pulang karena tidak begitu parah," jelasnya.