MEDAN - KONI Sumut tengah menyusun sejumlah program kerja penting yang dilaksanakan mulai 2017. Salah satu program yang sudah berjalan yakni melaksanakan kejuaraan cabang olahraga piala Gubsu. Hal ini disampaikan Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis saat menjelaskan hasil musyawarah yang telah berlangsung belum lama ini.

"Kejuaraan memang menjadi program utama di kepengurusan KONI Sumut periode 2017/2021, demi memperbanyak intensitas pertandingan bagi atlet," terang Jhon, dalam kesempatan buka puasa bersama keluarga besar KONI Sumut, kemarin.

"Program berikutnya tentu persiapan menuju PON 2020 di Papua. Makanya, tahun ini KONI Sumut mendanai sejumlah pengprov cabor yang selama ini aktif melakukan even dan sudah memiliki minimal 15 pengcab di daerah," sambungnya.

Ditambahkan John, dalam rangka mewujudkan prestasi lebih baik di PON 2020 nanti, KONI juga telah menjalankan Program Sumut Emas (PSE) yang telah dimulai Mei lalu.

Program PSE sendiri diikuti oleh 13 cabang olahraga. Program PSE memang diperuntukkan bagi atlet yang meraih prestasi terbaik di PON 2016 Jawa Barat. Mereka nantinya akan menjadi andalan Sumut di ajang PON 2020.

"Atlet yang masuk ke dalam program PSE adalah peraih medali hingga ranking enam. Saat ini mereka telah menjalani pelatda di masing-masing cabor. Tapi, kita tetap memberlakukan sistem promosi dan degradasi," ucap John.