ASAHAN - Karyawan PT. Bakrie Sumatera Plantations (BSP) Kisaran mogok kerja. Aksi mogok ribuan karyawan itu dilatarbelakangi dengan tuntutan pembayaran final bonus tahun 2016 yang tak kunjung direalisasikan hingga saat ini. Aksi ini diikuti seluruh karyawan Wilayah Sumut I dari 6 estate diantaranya estate Aek Salabat, Kuala Piassa, Tanah Raja, Gurah Batu, Sei Balai dan Serbangan. Para pekerja ini datang menggunakan truk dan sepeda motor ke kantor Bunut Factory, Jumat (16/6/2017).

Bonus 2 bulan gaji yang pada 2016 lalu baru dibayar 1 bulan gaji. Sementara pada 2017 ini belum juga terealisasi.

"Biasa bonusan ini dikeluarkan seminggu sebelum lebaran. Anehnya lagi, kami diancam mangkir oleh perusahaan bila melakukan aksi," terang Yono saat dikonfirmasi dilokasi unjuk rasa.

Ketua Pimpinan Unit Kerja (PUK) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT.BSP Kisaran, Musa Siregar melalui sambungan telepon selulernya mengatakan, aksi mogok kerja yang dimulai pada hari ini akan terus berlanjut sampai pihak managemen menepati janji membayar final bonus 2016.

Lanjut Musa Siregar, pihaknya sudah memberitahukan sebelumnya kepada pihak managemen PT.BSP Kisaran melalui surat No.015/ORG/PUK-9/VI/2017 tertanggal 12 Juni 2017 tentang mogok kerja dan hingga hari ini belum ada kepastian sementara hasil LKS Bipartit sudah jelas dan disepakati bersama.

Surat pemberitahuan mogok sudah kita kirimkan sebelumnya dengan tembusan diantaranya, DPC DPSI Kabupaten Asahan, Polres Asahan dan DPD SPSI Sumut. LKS Bipartit sudah tiga kali dilaksanakan dan terakhir didapat kesepakatan, namun apa yang dilakukan pihak managemen PT.BSP Kisaran.

"PUK SPSI menerima hasil LKS Bipartit dengan skema pembayaran final bonus 2016 dibayar berbersamaan dengan THR 2017, panjar bonus 2017dibayar satu bulan bersamaan dengan gaji bulan Juni 2017, pembayaran panjar bonus tahap kedua dibayarkan bersamaan dengan gaji bulan Nopember 2017 dan pembayaran sisa bonus 2017 dibayar bersamaan dengan gaji bulan Juni 2018, itu kesepakatannya. Kita tetap berupaya agar binus dibayar sebelum lebaran," terangnya.