MEDAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara sudah membentuk tim seleksi yang akan bekerja melakukan seleksi para calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) pada 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara. Tim ini nantinya akan bekerja melakukan perekrutan calon anggota panwaslu untuk sejumlah agenda politik seperti Pilgubsu 2018, pilkada pada 8 kabupaten/kota di Sumatera Utara pada 2018 mendatang, pemilu legislatif dan pemilu pilpres.
"Tim seleksi ini terdiri dari kalangan akademisi, tokoh masyarakat maupun sosok-sosok yang pernah juga ikut membantu kita dalam seleksi calon anggota panwaslu," kata Anggota Bawaslu Sumut, Aulia Andri saat berbincang dengan RMOLSumut di kawasan Jalan Agus Salim, Medan, Kamis (15/6/2017).

Aulia menjelaskan, proses rekruitmen seperti jadwal dan juga pelaksanaan ujian sepenuhnya akan mereka serahkan kepada tim seleksi yang sudah dibentuk. Mereka hanya memberi batasan seperti tenggat waktu perekrutan hingga proses seleksi hingga nantinya dihasilkan beberapa nama kandidat yang kemudian ditetapkan oleh Bawaslu Sumut.

"Salah satu kebijakan yang kita lakukan misalnya pelaksanaan ujian yang digelar di tiga lokasi yakni Medan, Rantau Prapat, dan Kota Sibolga tiap tempat diisi 5 orang panitia seleksi. Hal ini untuk memudahkan para peserta seleksi untuk menjangkau titik tempat pelaksanaan ujian," ujarnya.

Bawaslu Sumut menurut Aulia berharap tim ini akan bekerja sesuai jadwal sehingga tidak ada tahapan yang terlewatkan.

"Kita berharap awal Agustus nama-nama kandidat sudah sampai kepada kami, kemudian minggu ketiga bulan Agustus sudah dilantik," pungkasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, berikut nama-nama anggota tim seleksi calon panwaslu 33 kabupaten/kota di Sumut yang dibentuk oleh Bawaslu.

Tim 1
1. Sunanto S.HI
2. Dr Mirza Nasution, SH, M.Hum
3. Ediyanto, Ph.D
4. Herwin Nasution, SH
5. Ir Yusmiati Chaniago

Tim 2
1. Dr Mrzuk SH, M.Hum
2. Dr Budiman NPD Sinaga, SH, MH
3. Prof.Dr.Ir Bilter A Sirait, MS
4. Hendra unia Pulungan
5. Agus Suriadi

Tim 3
1. Syafruddin Pohan, SH, MSi, Ph.D
2. Dr Jaminuddin Marbun, Sh, MHum
3. Prof.Dr.Drs. Monang Sitorus,MSi
4. Faisal Andi Mahrawa, S.IP, MSi
5. Dr Nurbani,MSi.