MEDAN-Universitas Negeri Medan (UNIMED) resmi mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Selanjutnya, mahasiswa yang dinyatakan lulus harus mendaftar ulang sebagai persyaratan agar bisa mengenyam pendidikan di kampus plat merah itu.

Hal tersebut dikatakan M Surif, Humas UNIMED kepada GoSumut. Ia menganjurkan agar mahasiswa yang baru lulus segera mendaftar ulang.

"Mahasiswa yang dinyatakan lulus terlebih dulu wajib melakukan registrasi secara online, pada 16 Juni sampai 10 Juli 2016 melalui laman hhtp://akad.unimed.ac.id. Mereka harus mengisi biodata atau borang surat pernyataan mematuhi peraturan akademik kampus. Kemudian, membuat prin out dan menempel materai 6000 diikuti pembubuhan tanda tangan," kata M Surif.

Dijelaskannya, itu merupakan ketentuan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang telah dinyatakan lulus. "Jika telah dinyatakan lulus, harus segera melakukan registrasi ulang, dan ketentuan itu memang harus dipenuhi," jelasnya.

Tahapan berikutnya, Surif mengungkapkan, mahasiswa baru wajib menjalani tes kesehatan pada Senin, (10/7/2017) mendatang. Pemeriksaan dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB di Puskesmas Unimed Lembaga I Gedung Penelitian Unimed.

"Selain itu, mahasiswa diwajibkan hadir pada Selasa, (11/7/2017) di Lantai II Gedung Serbaguna Unimed guna mendaftar ulang pada pukul 09.00 WIB, dan tidak boleh diwakilkan. Bila mahasiswa tidak mendaftar ulang pada jadwal yang telah ditentukan, maka mahasiswa tersebut dinyatakan gugur," ungkapnya.

Ia menuturkan, berbagai persyaratan harus dipenuhi peserta yang lulus ketika mendaftar ulang. Di antaranya, membawa foto kopi tanda peserta SBMPTN 2017, foto kopi izajah atau SKTL/SKHU yang dilegalisir kepala sekolah, foto kopi kartu kekuarga, daftar penghasilan kedua orang tua yang disahkan oleh lurah atau kepala desa sebanyak dua set.

Termasuk juga foto kopi pembayaran PBB 2016, bukti pembayaran PBB kendaraan yang dimiliki oleh nama-nama yang tercantun dalam kartu keluarga mahasiswa Unimed. Bukti pembayaran rekening listrik dan air tiga bulan terakhir, serta surat keterangan penghasilan orang tua yang merupakan salah satu persyaratan. Formatnya dapat didownload di laman hhtp://baak.unimed.ac.id.

"Namun, sebelum mendaftar ulang, mahasiswa dianjurkan segera mengirimkan berkas ke alamat Sekretariat Gedung Serbaguna, Kampus Unimed, Jalan Williem Iskandar. Pengiriman dapat dilakukan mulai 14 sampai 23 Juni 2017 mendatang, pada pukul 08.30-15.00 WIB," tuturnya.

Ditambahkannya, untuk besaran uang kuliah yang harus dibayarkan dapat dilihat setelah registrasi ulang. "Di print out hasil registrasi online mulai 10 sampai 31 Juli 2017 mendatang dapat dilihat besaran uang kuliah yang harus dibayar. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman humas@unimed.ac.id," tambahnya.

Sebelumnya, SBMPTN Unimed hanya menerima 2000 peserta. Namun, akhirnya peserta SBMPTN Unimed yang telah dinyatakan lulus dan harus registrasi ulang sebanyak 2.153 orang.