MEDAN-Rumah Tahanan (Rutan) klas I A Tg Gusta Medan selama bulan ramadan menggelar acara yang difokuskan keagamaan, seperti buka bersama, tausiah serta pesantren kilat.

Sejak puasa hari pertama, warga binaan rutan sudah mulai aktif mengikuti program tersebut Sementara untuk kegiatan yang biasanya dilaksanakan pada siang hari dikurangi porsinya dan diganti dengan beberapa kegiatan ibadah di malam harinya.

Karutan kelas IA Tg Gusta Medan, Budi Situngkir mengatakan, banyak kegiatan keagamaan di bulan Ramadan yang di gelar di Rutan klas I A Tg Gusta Medan, diantaranya selain tadarus di masing-masing blok ada juga ceramah agama.

“Semua warga binaan mengikuti pesantren ramadhan begitu juga dengan kegiatan tadarus, hanya saja untuk tarawaih di bagi per blok, kan nggak muat di mesjid," jelasnya.

Budi menambahkan, pihak Rutan memang telah mengandeng pihak depag (departemen agama) untuk mengimami tarawih dan membimbing dalam pesantren ramadhan.

Selama bulan ramadhan, warga binaan juga dirutinkan kegiatan belajar mengaji yang dilakukan beberapa kali dalam sehari.

Budi menambahkan tujuan kegiatan ini agar para warga binaan bisa mendekatkan diri kepada Tuhan, dan merenungi perbuatannya.

Salah satu napi mengatakan bahwa kegiatan Ramadhan di rutan kelas 1A sangat positif. "Ini sangat positif, saya bisa merenungkan apa saya perbuat terdahulu," ujarnya.